MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Afifatur Rohmah, NIM.: 16490023 (2020) MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
16490023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
16490023_BAB I_BAB PENUTUP.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini karena di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Kulon Progo menyelenggarakan jenis layanan paling banyak dari Kemenag lain di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jenis layanan yang ada disana berjumlah 63 jenis baik online maupun offline. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui manajemen pelayanan terpadu satu pintu dalam meningkatkan kualitas pelayanan di Kantor Kementerian Agama Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kementerian Agama Kulon Progo dengan informan sebanyak 8 orang. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sub bagian Tata Usaha Kemenag Kulon Progo, Pegawai PTSP Kemenag Kulon Progo dan masyarakat pengguna layanan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan transcript, coding, grouping serta contrasting dan comparing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) manajemen pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di Kemenag Kulon Progo dapat dilihat dari Konsep PDCA Deming yaitu plan, do, check dan action. Manajemen PTSP dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan mengadakan workshop untuk petugas PTSP serta senantiasa membaca acuan dan aturan yang ada. (2) Secara keseluruhan, kualitas pelayanan di PTSP Kemenag Kulon Progo sudah baik. Hal ini dilihat dari pencapaian indikator kualitas pelayanan dalam lima dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiviness, assurance dan empathy. Berdasarkan hasil survey kualitas pelayanan di PTSP Kemenag Kulon Progo menunjukkan bahwa 92% pengguna layanan memberikan penilaian baik terhadap layanan di PTSP. Hal ini berarti menunjukkan bahwa pelayanan di PTSP Kemenag Kulon Progo sudah baik dan tidak memerlukan perbaikan hanya perlu standarisasi dan ditingkatkan agar lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan; Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:23
Last Modified: 26 Jul 2021 15:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42991

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum