DAMPAK POLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH INKLUSI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MAN 2 SLEMAN

Rahma Safitri, NIM.: 16490055 (2020) DAMPAK POLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH INKLUSI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (DAMPAK POLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH INKLUSI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MAN 2 SLEMAN)
16490055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text (DAMPAK POLA PEMBELAJARAN DI MADRASAH INKLUSI TERHADAP PEMAHAMAN MATERI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MAN 2 SLEMAN)
16490055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pola pembelajaran dan melihat dampak dari pembelajaran yang sudah diterapkan di sekolah inklusi kelas X MAN 2 Sleman Yogyakarta, yang meliputi penggunaan metode pembelajaran, penggunaaan media pembelajaran, faktor pendukung dalam pelakasanaan pembelajaran, hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran dan upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi seorang guru kelas X jurusan IPS dan AGAMA, seorang guru pelajaran, siswa kelas X sejumlah 10 siswa terdiri dari 5 siswa reguler dan 5 siswa tunanetra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman (2014: 19). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pola pembelajaran yang digunakan di MAN 2 Sleman adalah pola pembelajaran tradisional II,dalam menyampaikan pembelajaran guru di MAN 2 Sleman mengkreasikan penyampaian pembelajaran, dan guru di MAN 2 menyediakan layanan e-book dalam proses pembelajaran., 2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu, pendidik (guru) kebanyakan memahami keadaan muridnya terdapat anak yang tunanetra, media pembelajaran yang digunakan di MAN 2 Sleman untuk membantu murid tunanetra berupa buku braile, perpustakaan, wifi untuk membuka aplikasi e-book.guru pendamping khusus yang terdapat di MAN 2 sangat membantu., 3) Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa reguler terganggu dengan temantemannya yang ramai di kelas, guru sulit mengkondisikan kelas dan harus menjelaskan materi secara berkali-kali kepada siswa tunanetra, 4) Dampak pola pembelajaran yang terjadi di MAN 2 Sleman anak tunanetra lebih menyukai pelajaran yang dijelaskan oleh guru olahraga, bahasa Indonesia, bahasa arab dengan alasan bahwa guru tersebut pandai dalam menjelaskan pelajaran, dan murid di MAN 2 mempunyai sikap toleransi sesama teman sebayanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Subiyantoro, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: sekolah inklusi; Anak Berkebutuhan Khusus; autis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Inklusif
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 25 Jul 2021 11:04
Last Modified: 25 Jul 2021 11:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/42999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum