PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ISLAM RM. SURYOWINOTO UMBULHARJO, YOGYAKARTA

Viki Amalia Pamungkas, NIM.: 15540022 (2020) PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ISLAM RM. SURYOWINOTO UMBULHARJO, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ISLAM RM. SURYOWINOTO UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
15540022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (PENGARUH POLA ASUH TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI ISLAM RM. SURYOWINOTO UMBULHARJO, YOGYAKARTA)
15540022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah lembaga sosial umumnya memiliki aturan sendiri dalam menertibkan anak asuhnya. Secara umum bentuk tata aturan itu biasa di sebut dengan pola asuh. Pola asuh yang di terapkan dalam sebuah lembaga sosial sangat berpengaruh terhadap perilaku sosial para anak asuh di dalamnya sehingga perlu pola asuh yang tepat. Pola asuh yang salah bisa berdampak pada perilaku sosial anak asuh atau bahkan hingga mempengaruhi kondisi psikologis anak asuh. Hal ini menjadi perhatian khusus bagi para pengurus di panti asuhan yatim putri Islam yang menangani anak asuh mulai dari usia anak-anak, remaja, hingga dewasa. Penelitian ini berfokus pada bentuk pembinaan yang dilakukan oleh para pengurus dan pembina panti asuhan yatim putri Islam serta dampaknya dan upaya yang dilakukan dalam pembentukan perilaku sosial anak asuh. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan cara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, peneliti akan menggunakan analisa data deskriptif dan penjelasan (description and explanation), yang akan dilakukan dalam rangka mencapai pemahaman terhadap sebuah fokus kajian yang kompleks dengan cara memisahkan tiap-tiap bagian dari keseluruhan fokus yang akan dikaji atau memotong tiap-tiap adegan atau proses kejadian sosial yang akan diteliti. Hasil penelitian dinyatakan bahwa pola pengasuhan yang diterapkan di panti asuhan yatim putri islam ini bisa dikategorikan menjadi tiga aspek antara lain melalui kegiatan keagamaan, pembinaan pendidikan dan mental dan keterampilan yang mempengaruhi perilaku sosial anak di kehidupan seharu-hari baik di lingkungan panti asuhan, lingkungan masyarakat sekitar maupun di sekolah anak asuh yang bisa dilihat dari sikap kepedulian, tanggung jawab dan kepekaan sosial anak asuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. RR. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag, M.Pd, M.A,
Uncontrolled Keywords: Bentuk Pola Asuh, Dampak Pola Asuh, Perilaku Sosial, Panti Asuhan Yatim Putri Islam Yogyakarta
Subjects: Sosial, Relasi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2021 12:49
Last Modified: 22 Jul 2021 12:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43008

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum