TEOLOGI FEMINIS KH. HUSEIN MUHAMMAD

Ahmad Faizal Anis, NIM.: 16510020 (2020) TEOLOGI FEMINIS KH. HUSEIN MUHAMMAD. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TEOLOGI FEMINIS KH. HUSEIN MUHAMMAD)
16510020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TEOLOGI FEMINIS KH. HUSEIN MUHAMMAD)
16510020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Problematika perempuan dalam Islam sampai sekarang masih sangat massif, perempuan dijadikan objek eksploitasi dan diskriminasi dari berbagai aspek seperti aspek sosial, budaya, politik, dan ekonomi. Penyebab dari semua ini salah satunya dikarenakan adanya pemahaman teologis yang masih menyisakan bias gender. Khususnya, pemahaman atas ajaran dan doktrin agama Islam yang berkaitan dengan kedudukan dan tugas perempuan, baik dalam wilayah domestik maupun publik. KH. Husein Muhammad merupakan seorang fuqa >ha’, mufassir sekaligus teolog yang memiliki pandangan tersendiri terkait dengan problem teologis dari penindasan atas perempuan. Penelitian ini berpijak pada pertanyaan apakah metode yang digunakan KH. Husein Muhammad dalam mendialogkan antara feminisme dan teologi dan bagaimana basis-basis teologi yang ada di dalam gagasan feminisme KH. Husein Muhammad. Dari keduanya akan dilihat gagasan seperti apa yang dihasilkan dari pemikiran teologi KH. Husein Muhammad. Urgensi dari penelitian ini terletak pada kritik penulis atas gagasan teologi feminis KH. Husein Muhammad yang dapat dikatakan merupakan titik temu antara teologi dan feminisme dalam persoalan diksursus feminisme dan teologi. Hal tersebut dilakukan dengan menelaah karya-karya KH. Husein Muhammad yang menyinggung tentang perempuan seperti Fiqih Perempuan: Refleksi Kiai atas Tafsir Wacana Agama dan Gender dan Mencintai Tuhan Mencintai Kesetaraan: Inspirasi dari Perempuan dan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis dengan metode deskriptif-analisis untuk menelaah secara kritis karyakarya tersebut agar ditemukan dasar-dasar teologis dalam kerangka feminisme KH. Husein Muhammad. Penelitian ini akhirnya menemukan hal-hal berikut. Pertama, metode yang digunakan oleh KH. Husein Muhammad adalah hermeneutika feminis dengan corak khasnya yaitu historis-kritis-kontekstual. Kedua, gagasan teologi feminis KH. Husein Muhammad merupakan teologi feminis yang berperspektif reformistransformatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Zuhri, S.Ag. M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Teologi, Feminisme, Hermeneutika, Historis-Kritis-Kontekstual,Tauhid, Taqwa, Humanisme Universal, Reformis-Transformatif.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2021 12:45
Last Modified: 22 Jul 2021 12:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum