HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PLAYEN TAHUN 2019/2020

Izzatul Laili Kholida, NIM.: 16410090 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PLAYEN TAHUN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PLAYEN TAHUN 2019/2020)
16410090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI DENGAN KARAKTER SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 PLAYEN TAHUN 2019/2020)
16410090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah pentingnya penanaman nilai-nilai karakter pada siswa di SMP N 1 Playen dalam menghadapi karakter siswa yang beragam seiring dengan fenomena melemahnya karakter dan moral siswa, serta hubungannya dengan peran guru sebagai teladan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI di SMP N 1 Playen Gunungkidul, untuk mengetahui kondisi karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Playen Gunungkidul, dan untuk menemukan hubungan antara persepsi siwa tentang kompetensi kepribadian guru PAI dan karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Playen. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan melalui penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 86 siswa kelas VIII dengan menggunakan teknik proporsional random sampling dari jumlah populasi sebanyak 576 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dari masing-masing variabel menunjukkan bahwa semua butir soal dapat dinyatakan valid dengan taraf signifikansi 5% dan nilai r tabel = 0,212. Uji reliabilitas dari masing-masing variabel yang valid menunjukkan bahwa semua butir soal yang valid dapat dinyatakan reliabel dengan nilai cronbach alpha lebih dari 0,70. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI di SMP N 1 Playen Gunungkidul tergolong dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 59% dan jumlah frekuensi sebanyak 51 responden, (2) Tingkat karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Playen Gunungkidul tergolong dalam kategori sedang dengan persentase sebesar 67% dan jumlah frekuensi sebanyak 58 responden, (3) Terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI dengan karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Playen. Hasil tersebut dapat diketahui melalui nilai koefisien korelasi sebesar 0,752 dan nilai signifikansi 0,00 yang termasuk dalam kategori kuat dan signifikan. Maka hipotesis yang diterima dalam penelitian ini adalah hipotesis alternatif yakni terdapat hubungan yang kuat dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian guru PAI terhadap karakter siswa kelas VIII di SMP N 1 Playen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Kepribadian, Guru, Karakter
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:34
Last Modified: 26 Jul 2021 12:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43013

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum