POTENSI BIOHERBISIDA EKSTRAK ETANOL DAUN KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus)

Afiyan Taufiq Samiaji, NIM.: 15640015 (2020) POTENSI BIOHERBISIDA EKSTRAK ETANOL DAUN KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTENSI BIOHERBISIDA EKSTRAK ETANOL DAUN KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus))
15640015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (POTENSI BIOHERBISIDA EKSTRAK ETANOL DAUN KIRINYUH (Chromolaena odorata L.) TERHADAP PERTUMBUHAN GULMA RUMPUT TEKI (Cyperus rotundus))
15640015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Alelopati mengacu kepada interaksi kimiawi (penghambatan atau stimulasi) antara tumbuhan, antara tumbuhan dan mikroorganisme dan antar mikroorganisme salah satunya rumput teki (Cyperus rotundus L.) yaitu gulma pada tanaman budidaya. Selain itu, penggunaan herbisida pada areal lahan budidaya dapat mengakibatkan terakumulasinya zat herbisida di tanah yang menyebabkan pencemaran lingkungan serius dan dapat menyebabkan resistensi gulma jika digunakan secara terusmenerus. Kirinyuh (Chromolaena odorata L.) adalah salah satu gulma yang biasanya tumbuh di lahan-lahan kosong maupun perkebunan yang dikenal mempunyai alelopati yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman lain di sekitarnya. Untuk mendapatkan senyawa dari kirinyuh tersebut dilakukan ekstraksi dengan senyawa ethanol 96% untuk mendapatkan senyawa-senyawa yang memiliki efektivitas bioherbisida. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapakah konsentrasi ekstrak ethanol 96% dari tumbuhan kirinyuh (Chromolaena odorata L.) yang efektif menghambat pertumbuhan gulma rumput teki (Cyperus rotundus L.) dan mengetahui kandungan senyawa fitokimia yang terdapat pada ekstrak daun kirinyuh. Dalam penelitian ini ekstrak daun kirinyuh yang digunakan adalah 25%, 50%, 75% dan 100% dan kontrol (0%) sebagai pembanding. Analisis data perhambatan pertumbuhan mengunakan uji One Way ANOVA yang dilanjutkan dengan uji DMRT. Hasil penelitian menunjukkan pemberian ekstak daun kirinyuh memberikan pengaruh beda nyata kecuali pada parameter berat kering dengan pemberian ekstrak cukup efektif adalah 25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Jumailatus Solihah, S.si., M. Biotech
Uncontrolled Keywords: Gulma Rumput Teki, Bioherbisida, Etanol
Subjects: Biologi
Lingkungan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:44
Last Modified: 26 Jul 2021 12:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43023

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum