POLA RELASI MASYARAKAT JAWA DAN DAYAK DALAM TRADISI GAWAI DAYAK KALIMANTAN BARAT: STUDI DI ASRAMA MAHASISWA ROHADI OSMAN YOGYAKARTA

Mangiyah, NIM.: 16520037 (2020) POLA RELASI MASYARAKAT JAWA DAN DAYAK DALAM TRADISI GAWAI DAYAK KALIMANTAN BARAT: STUDI DI ASRAMA MAHASISWA ROHADI OSMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA RELASI MASYARAKAT JAWA DAN DAYAK DALAM TRADISI GAWAI DAYAK KALIMANTAN BARAT: STUDI DI ASRAMA MAHASISWA ROHADI OSMAN YOGYAKARTA)
16520037_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (POLA RELASI MASYARAKAT JAWA DAN DAYAK DALAM TRADISI GAWAI DAYAK KALIMANTAN BARAT: STUDI DI ASRAMA MAHASISWA ROHADI OSMAN YOGYAKARTA)
16520037_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin pesat memberi pengaruh terhadap perubahan pada masyarakat salah stunya adalah Kebudayaan, salah satu faktor penyebab perubahan tersebut adalah Pendidikan. Hal tersebut terjadi dalam Tradisi Gawai Kalimantan Barat. Berbicara mengenai pendidikan masyarakat Kalimantan Barat di zaman sekarang banyak yang menempuh pendidikan di luar daerah terutama di pulau Jawa, salah satu kota yang dituju adalah Yogyakarta, hal tersebut sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam diri mereka. Penelitian ini mengambil dari relasi dari suku Jawa dan Dayak dalam sebuah tradisi Gawai Dayak ditinjau dari perspektif Mahasiswa Kalimantan Barat yang berada di Asrama Mahasiswa Rohadi Osman, hal tersebut dikarenakan bagaiman mahasiswa memberi tanggapan dan menilai perkembangan dan pola relasi yang ada di zaman sekarang, apakah mengalami perubahan atau tidak. Denga adanya perbedaan Suku, Agama dan Kebudayaan kedua suku tersebut bersatu dalam kebudayaan Gawai, berangkat dari perbedaan tersebut peneliti meneliti bagaimana relasi dari kedua suku tersebut. Untuk mengetahui bagaimana relasi dalam Gawai Dayak kalimantan Barat, maka penelitian ini menggunakan hasil dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berangkat menggunakan teori sosiologi dari Talcot Parsons dan menggunakan metode deskriptif analisis. Deskriptif membahas bagaimana kondisi Kalimantan Barat, kondisi Asrama Rohadi Osman Yogyakarta, bagaiman Gawai Dayak, asal usul dan tujuan dari Gawai Dayak, bagaiman proses pelaksanaannya, bagaimana perkembangan Gawai Dayak. Sedangkan analisisnya bagaimana sebuah teori dari Talcot Parson dapat diterapkan dalam membangun relasi antara Suku Jawa dan Dayak menjadi masyarakat yang Harmonis. Hasil dari penelitian ini pertama, Perkembangan Gawai Dayak menurut mahasiswa asrama Rohadi Osman Yogyakarta, tidak mengalami perubahan dari segi ritual yang dilaksanakan, namun dari segi perayaan Gawai Dayak tersebut mengalami sedikit penambahan-penambahan. Kedua, relasi dalam Gawai Dayak Kalimantan Barat terjalin dnegan baik, meski ada beberapa hambatan yang menghalamngi, namun secara keseluruhan sistem yang ada pada Masyarakat tersebut sudah mampu mengoptimalkan kekuasaannya untuk menjadikan masyarakat yang sesuai dengan kriteria dari struktural fungsional yang Parsons katakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Rahmat Fajri, M.ag.
Uncontrolled Keywords: Gawai Dayak, Perkembangan, Relasi, Suku Jawa dan Dayak.
Subjects: Budaya dan Agama
Toleransi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2021 17:38
Last Modified: 22 Jul 2021 17:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43028

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum