PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA

Elya Faizah, NIM.: 16670015 (2020) PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA)
16670015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL BERMUATAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA MATERI IKATAN KIMIA)
16670015_BAB-II sampai SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan salah satu kemampuan yang mendapatkan perhatian dalam pembelajaran abad 21 mengingat dapat mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dalam menginterpretasikan fenomena yang lebih kompleks. Berdasarkan hasil studi PISA 2018, Indonesia menduduki peringkat ke-71 dari 79 negara. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia masih sangat rendah. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bermuatan HOTS pada materi ikatan kimia (mengingat materi ikatan kimia merupakan materi yang bersifat konseptual yang merupakan penghubung antar konsep) dan menganalisis kualitas modul bermuatan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada materi ikatan kimia berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yaitu terdiri atas tahap define, design, develop, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, empat guru kimia, dan direspon oleh sepuluh peserta didik. Penilaian kualitas dilakukan dengan metode expert judgement yaitu produk dinilai oleh ahli sesuai bidangnya. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta didik dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Produk yang telah divalidasi merupakan media cetak berukuran B5 berisi materi ikatan kimia yang memuat soal-soal berkarakteristik HOTS dan disertai pembahasan pada setiap soalnya. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 100% dengan kategori Sangat Baik (SB), penilaian oleh ahli media mendapatkan persentase 90% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian produk oleh guru kimia SMA/MA mendapatkan persentase 90,63% dengan kategori Sangat Baik (SB). Modul ini direspon positif oleh peserta didik dengan persentase sebesar 97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Higher Order Thinking Skills, Ikatan Kimia
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:52
Last Modified: 26 Jul 2021 12:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43039

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum