PERBEDAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM Q. S. AL-NISA’ DAN IMPLIKASINYA PADA RELASI SUAMI ISTRI DALAM RUMAH TANGGA (Studi Penafsiran Hasbi ash Shidieqy, Hamka, dan M. Qurasih Shihab)

Eko Prayetno, NIM.: 16530031 (2020) PERBEDAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM Q. S. AL-NISA’ DAN IMPLIKASINYA PADA RELASI SUAMI ISTRI DALAM RUMAH TANGGA (Studi Penafsiran Hasbi ash Shidieqy, Hamka, dan M. Qurasih Shihab). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBEDAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM Q. S. AL-NISA<’ DAN IMPLIKASINYA PADA RELASI SUAMI ISTRI DALAM RUMAH TANGGA (Studi Penafsiran Hasbi ash Shidieqy, Hamka, dan M. Qurasih Shihab))
16530031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBEDAAN LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN DALAM Q. S. AL-NISA<’ DAN IMPLIKASINYA PADA RELASI SUAMI ISTRI DALAM RUMAH TANGGA (Studi Penafsiran Hasbi ash Shidieqy, Hamka, dan M. Qurasih Shihab))
16530031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Fokus penelitian ini ialah mengidentifikasi pola relasi yang seharusnya diterapkan oleh suami dan istri di dalam rumah tangga. Pola relasi tersebut diperoleh melalui beberapa tuntunan di dalam al-Qur’an. Surat al-Nisa>’ dijadikan bagian sekaligus batasan objek penelitian. Surat ini merupakan salah satu surat yang memberikan perhatian khusus kepada perempuan tidak terkecuali dalam persoalan relasi suami istri untuk mengatasi persoalan ketidakadilan yang ditimbulkan dari perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Penelitian ini menggunakan beberapa penafsiran mufassir Indonesia. Beberapa mufassir yang dipilih yaitu M. Hasbi ashShidieqy dengan tafsir al Bayaan, Hamka dengan tafsir al Azhar, dan M. Quraish Shihab dengan tafsir al Misbah. Ketiga mufassir ini menyusun kitab tafsirnya dengan corak tahlili. Artinya ketiga mufassir ini menafsirkan aya-ayat al-Nisa’ yang berkenaan dengan tema relasi suami istri hanya saja terpisah-pisah karena mempertahankan urutan surat berdasarkan tartib mus{hafi. Pembahasan yang terpisah-pisah tersebut dikumpulkan ke dalam satu koridor tema pembahasan. Metode penelitian yang digunakan adalah penggabungan antara penelitian tematik dan penelitian tokoh. Penelitian tematik digunakan untuk memfokuskan pembahasan pada satu tema karena terkadang terdapat beberapa tema yang terdapat di dalam satu surat bahkan ayat. Sedangkan pemilihan penelitian tokoh didasari atas keunikan penafsiran ketiga mufassir atas tema ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu bentuk respon alQur’an terhadap persoalan perbedaan laki-laki dan perempuan dan implikasinya dalam relasi suami istri ialah meluruskan dan mempertahankan beberapa hal yang telah diberlakukan oleh manusia. Terdapat korelasi antara perbedaan yang bersifat kodrati dan perbedaan yang bersifat kontruks sosial sehingga tidak semua konstruk sosial yang duberlakukan oleh manusia tidak tepat. Fakta-fakta penindasan yang ada tidak dapat ditampik keberadaanya, namun tidak pula diatasi dengan langsung menyamakan suami dan istri dalam segala hal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Afdawaiza, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Gender, QS. an-Nisa, Suami-Istri (Rumah Tangga).
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Gender
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 09:56
Last Modified: 23 Jul 2021 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43047

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum