RESEPSI FUNGSIONAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN TERAPI RUQYAH GANGGUAN JIN OLEH KYAI SYAFIQ ABDILLAH DI KABUPATEN KEBUMEN

Bintan Pangestu, NIM.: 16530041 (2020) RESEPSI FUNGSIONAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN TERAPI RUQYAH GANGGUAN JIN OLEH KYAI SYAFIQ ABDILLAH DI KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI FUNGSIONAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN TERAPI RUQYAH GANGGUAN JIN OLEH KYAI SYAFIQ ABDILLAH DI KABUPATEN KEBUMEN)
16530041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI FUNGSIONAL AYAT-AYAT AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA PENGOBATAN TERAPI RUQYAH GANGGUAN JIN OLEH KYAI SYAFIQ ABDILLAH DI KABUPATEN KEBUMEN)
16530041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Praktik ruqyah yang dilakukan oleh Kyai Syafiq Abdillah menggunakan ayat-ayat al-Qur’an sebagai media pengobatannya. Dalam kajian ilmu al-Qur’an hal ini disebut dengan living qur’an yang mana al-Qur’an dipahami tidak hanya sebagai bacaan yang akan mendapatkan balasan pahala bagi pembacanya, namun al-Qur’an hidup dan menyatu dengan kehidupan manusia. Dalam hal ini al-Qur’an digunakan sebagai suatu media pengobatan. Hal ini disebut dengan resepsi fungsional atas ayat al-Qur’an. Penelitian ini dibatasi dua masalah,. Pertama, bagaimana praktik ruqyah gangguan jin dengan ayat – ayat al-Qur’an yang dilakukan oleh Kyai Syafiq Abdillah? kedua bagaimana makna fungsi penggunan ayat – ayat al-Qur’an dalam praktik ruqyah gangguan jin bagi Kyai Syafiq Abdillah? Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . Oleh karena itu peneliti menggunakan tiga metode dalam proses pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis penelitian yang dilakukan untuk mendeskripsikan situasi tertentu yang bersifat formal secara sistematis dan akurat. Hasil penelitian ini adalah Kyai Syafiq Abdillah meyakini bahwa al-Qur’an tidak hanya merupakan teks tertulis yang hanya bisa dibaca dan didengarkan,. Lebih jauh al-Qur’an memiliki fungsi yang besar bagi manusia yaitu sebagai obat. AlQur’an adalah obat bagi segala macam penyakit. Untuk itu al-Qur’an mampu menjadi obat bagi pasien yang terkena gangguan jin. Selanjutnya dalam praktiknya proses ruqyah Kyai Syafiq Abdillah terbagi menjadi tiga tahap, pertama tahap pra ruqyah yaitu persiapan sebelum proses ruqyah berlangsung, seperti melepaskan benda-benda yang menempel di anggota tubuh yang digunakan sebagai cecekelan, berniat mengelurkan jin dalam tubuh dan yakin atas pengobatan dan kesembuhan dari Allah. Kedua, tahap prosesi ruqyah. Dimulai dengan pembacaan sholawat, tawassul dan pembacaan ayat-ayat ruqyah. Ayat ruqyah berisi ayat penyiksa jin dan pembakar jin. Tahap ketiga yaitu pasca ruqyah. Pada tahap ini pasien akan diberi amalan berupa ayat hafaẓah untuk membentengi diri dari gangguan jin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aida Hidayah, S.Th I.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Ruqyah, Ayat Al-Quran, Gangguan Jin
Subjects: al Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 10:27
Last Modified: 23 Jul 2021 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43049

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum