SOLIDARITAS SOSIAL ANTAR - MAHASISWA MUSLIM THAILAND DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Thailand Asal Bangkok, Pattani, Krabi, dan Songkhla di Yogyakarta)

Mr. Phiphat Klongnawee, NIM.: 16540043 (2020) SOLIDARITAS SOSIAL ANTAR - MAHASISWA MUSLIM THAILAND DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Thailand Asal Bangkok, Pattani, Krabi, dan Songkhla di Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SOLIDARITAS SOSIAL ANTAR - MAHASISWA MUSLIM THAILAND DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Thailand Asal Bangkok, Pattani, Krabi, dan Songkhla di Yogyakarta))
16530043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SOLIDARITAS SOSIAL ANTAR - MAHASISWA MUSLIM THAILAND DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Thailand Asal Bangkok, Pattani, Krabi, dan Songkhla di Yogyakarta))
16530043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang solidaritas sosial mahasiswa muslim Thailand di Yogyakarta, khususnya mahasiswa yang berasal dari Bangkok, Pattani, Krabi, dan Songkhla. Sejarah kedatangan mahasiswa muslim Thailand di Yogyakarta ialah dilatarbelakangi oleh beberapa mahasiswa Thailand yang melanjutkan pendidikannya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam perkembangannya mahasiswa Thailand semakin bertambah dari tahun ke tahun untuk memilih kota Yogyakarta sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikannya di jenjang perkuliahan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan metode penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data interpretasi dengan cara mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori solidaritas sosial milik Emile Durkheim yang fokus kajiannya mengenai solidaritas sosial terhadap masyarakat, baik itu individu maupun kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat adanya banyak identitas sosial yang dipengaruhi oleh banyak objek dan ikatan solidaritas sosial mahasiswa muslim Thailand yang berasal dari wilayah yang berbeda yaitu Bangkok yang khas dengan gaya berpakaian cukup simple dan berbeda dengan masyarakat Bangkok pada umunya, Pattani dengan ciri khas bahasa Melayu sebagai simbol keislamannya yang masih sangat jarang menggunakan bahasa umum di Thailand, Krabi sebagai salah satu wilayah yang lokasinya banyak penduduk menganut agama Islam dengan banyaknya makanan halal yang tersedia di Krabi. Serta Songkhla yang masih mengikuti beberapa tradisi di wilayah Pattani yang juga menggunakan bahasa Melayu sebagai perbedaan dengan masyarakat muslim Thailand lainnya. Banyaknya mahasiswa Thailand yang ada di Yogyakarta mampu menciptakan ikatan solidaritas sosial yang diketahui dari berbagai bentuk kegiatan keagamaan seperti Yasinan, Tadarrus, Perayaan Isra’ Mi’raj, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Adib Sofia, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Solidaritas Sosial, Mahasiswa Thailand, Identitas Muslim
Subjects: Sosiologi Agama
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 10:40
Last Modified: 23 Jul 2021 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43050

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum