DISKRIMINASI TERHADAP MINORITAS MUSLIM DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA 2015 (ANALISIS SEMIOTIKA)

Ana Setia Wulandari, NIM.: 16540067 (2020) DISKRIMINASI TERHADAP MINORITAS MUSLIM DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA 2015 (ANALISIS SEMIOTIKA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (DISKRIMINASI TERHADAP MINORITAS MUSLIM DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA 2015 (ANALISIS SEMIOTIKA))
16540067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (DISKRIMINASI TERHADAP MINORITAS MUSLIM DALAM FILM BULAN TERBELAH DI LANGIT AMERIKA 2015 (ANALISIS SEMIOTIKA))
16540067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena sosial keagamaan yang terjadi dalam lingkungan masyarakat maupun dalam suatu daerah ataupun negara, memiliki daya tarik tersendiri bagi para sutradara film. Banyak para sutradara yang mengangkat tema film yang berangkat dari fenomena yang telah terjadi dalam kehidupan masyarakat luas. Seperti halnya dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2015. Film yang mengangkat tema tragedi 21 September 2001 di Amerika yang menyebabkan tindakan diskriminasi terhadap masyarakat minoritas muslim Amerika. Fokus penelitian ini ialah bagaimana diskriminasi terhadap minoritas muslim Amerika dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2015. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui tanda-tanda diskriminasi terhadap minoritas muslim dan faktor-faktor terjadinya diskriminasi terhadap mulim Amerika. Penulis menggunakan analisis data teori semiotika Roland Barthes dengan Alo Liliweri tentang diskriminasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapatkan dalam film Bulan Terbelah di Langit Amerika 2015 terdapat tanda-tanda diskiminasi yang di alami oleh kelompok muslim Amerika. Tanda-tanda tersebut berupa intimidasi terhadap pemeluk agama Islam, penindasan terhadap perempuan berhijab, perasaan benci terhadap, tindakan Sarkasme, amarah terhadap orang-orang muslim, kehilangan kebanggaan dan diskriminasi kekuasaa. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya diskriminasi terhadap minoritas muslim, yaitu: faktor kebencian dan kemarahan terhadap masyarakat muslim, faktor gender, faktor perbedaan agama atau keyakinan, faktor mekanisme pertahanan psikologis, faktor kekuasaan dan faktor sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Adib Sofia, S. S., M. Hum
Uncontrolled Keywords: Diskriminasi, Minoritas Muslim Amerika, Film, Bulan Terbelah di Langit Amerika
Subjects: Sosiologi Agama
Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 11:20
Last Modified: 23 Jul 2021 11:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43058

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum