PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATIC MOL (MAGNETIC PLASTIC MOLYMOD) BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X

Yuni Nur Anisha, NIM.: 16670046 (2020) PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATIC MOL (MAGNETIC PLASTIC MOLYMOD) BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATIC MOL (MAGNETIC PLASTIC MOLYMOD) BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X)
16670046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN LIMBAH PLASTIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATIC MOL (MAGNETIC PLASTIC MOLYMOD) BERBASIS GREEN CHEMISTRY PADA MATERI IKATAN KIMIA SMA/MA KELAS X)
16670046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Daur ulang kantong plastik yang berwarna-warni dengan metode fabrikasi dapat menghasilkan produk berupa molymod. Molymod dibutuhkan pada proses pembelajaran kimia untuk konsep yang bersifat abstrak seperti materi ikatan kimia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Matic Mol (Magnetic Plastic Molymod) sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia dan menganalisis kualitas Matic Mol sebagai media pembelajaran pada materi ikatan kimia berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, dan guru kimia serta respon peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate dengan batasan sampai tahap develop. Pengembangan Matic Mol mendapatkan saran dan masukan oleh dosen pembimbing, peer reviewer, ahli media, dan ahli materi. Penilaian dilakukan oleh empat guru kimia SMA/MA dan 10 peserta didik MIPA SMA/MA. Penilaian kualitas oleh guru kimia menggunakan lembar penilaian skala Likert dengan empat skala dan respon peserta didik menggunakan skala Guttman. Produk pengembangan berupa molymod dengan magnet sebagai penghubung antarikatan dan dilengkapi kit box serta manual book. Matic Mol terbatas hanya untuk ikatan tunggal. Hasil penilaian kualitas Matic Mol oleh ahli media mendapatkan persentase keidealan 96,88% dengan kategori Sangat Baik, ahli materi mendapatkan 93,75% dengan kategori Sangat Baik, dan guru kimia mendapatkan persentase keidealan 91,50% dengan kategori Sangat Baik. Respon peserta didik mendapatkan persentase keidealan 100% dengan kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Limbah Plastik, Media Pembelajaran, Green Chemistry, Ikatan Kimia
Subjects: Lingkungan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris - Biologi, B. Inggris, Kimia, Matematika, Fisika (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:07
Last Modified: 26 Jul 2021 13:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43063

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum