PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SUMBER BELAJAR KITAB JAWAAHIRUL KALAAMIYAH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Syakur Wildan, NIM: 16410065 (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SUMBER BELAJAR KITAB JAWAAHIRUL KALAAMIYAH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SUMBER BELAJAR KITAB JAWAAHIRUL KALAAMIYAH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16410065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DENGAN SUMBER BELAJAR KITAB JAWAAHIRUL KALAAMIYAH PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
16410065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari proses penyampaian materi pelajaran Akidah Akhlak yang dilakukan guru dengan sumber belajar yang berbeda dari yang lain. Dalam hal ini, guru selalu menambah referensi sumber primer belajar dengan mengadopsi dari kitab-kitab klasik yang berbahasa Arab atau dalam dunia pesantren disebut dengan kitab kuning dengan tujuan peserta didik mengetahui ilmu secara mendalam serta bisa mengetahui sumber belajar yang asli atau bukan campuran dari beberapa sumber. Di sisi lain juga, sesuai dengan kurikulum MA Nurul Ummah yang mengintegrasikan kurikulum K13 dan Kurikulum Pesantren, maka dalam mata pelajaran yang bermuatan Pendidikan Agama Islam, khususnya dalam mata pelajaran Akidah Akhlak guru menambahkan opsi dengan menambah sumber belajar dengan mengadopsi dari kitab-kitab klasik yang berbahasa Arab atau dalam dunia pesantren disebut dengan kitab kuning. Salah satu kitab yang digunakan yaitu bernama Jawaahirul Kalaamiyah. Kitab itu berisi tentang aqidah atau keyakinan pokok ajaran Islam. Dengan kitab tersebut, tujuan peserta didik agar mengetahui ilmu keaagamaan secara mendalam serta bisa mengetahui sumber belajar yang asli atau bukan campuran dari beberapa sumber. Salah satu kitab yang digunakan yaitu bernama Jawaahirul Kalaamiyah. Kitab itu berisi tentang aqidah atau keyakinan pokok ajaran Islam. Oleh karena itu, diharapkan dengan menggunakan Kitab Jawaahirul Kalaamiyah itu bisa menjadikan pembelajaran Akidah Akhlak menjadi berhasil dan memberikan manfaat kepada peserta didik untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Pada realitanya, kebanyakan sekolah atau madrasah yang masih menggunakan sumber belajar buku paket atau LKS yang menjadi sumber primer dalam belajar khususnya dalam mata pelajaran keagamaan. Hal itu menjadikan corak keunikan tersendiri bagi Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dengan Kitab Jawaahirul Kalaamiyah pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. 2) Untuk mengetahui dampak dari pembelajaran Akidah Akhlak dengan Kitab Jawaahirul Kalaamiyah pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran akidah akhlak dengan Kitab Jawaahirul Kalaamiyah pada siswa Kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, Waka Bidang Kesiswaan, Waka Bidang Sarana Prasarana, Guru Akidah Akhlak kelas X, dan Siswa kelas X MIPA 1 dan 2 di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Obyek penelitiannya adalah Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Dengan Sumber Belajar Kitab Jawahirul Kalamiyah Pada Siswa Kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dalam teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Sumber Belajar Kitab Jawahirul Kalamiyah meliputi Persiapan mengajar kegiatan pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. 2) Hasil Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Sumber Belajar Kitab Jawahirul Kalamiyah yakni dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pencapaian siswa dalam memahami teks dan konteks dalam Kitab Jawaahirul Kalaamiyah, dan pencapaian nilai moral keyakinan kepada Allah SWT. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Akidah Akhlak dengan Sumber Belajar Kitab Jawahirul Kalamiyah adalah sebagai berikut: a. faktor pendukung, yaitu para siswa mampu memberikan makna pegon jawa dalam Kitab Jawaahirul Kalaamiyah dengan makna jawa pegon, para siswa mengikuti pembelajaran dengan tidak membuat kacau di dalam kelas, dan guru selalu mengingatkan para siswa agar selalu semangat dalam belajar. b. faktor penghambat, yaitu para siswa masih kesulitan memahami konteks materi, metode dan media pembelajaran yang dilakukan kurang efektif, kedisiplinan guru masih kurang baik dalam mengatur waktu dalam pembelajaran, penjelasan materi guru sampaikan masih sulit dipahami oleh siswa, dan para siswa kurang interaktif dalam pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Supervisor: Pembimbing : Drs. Ahmad Hanany Naseh, M.A.
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Kitab Jawahirul Kalamiyah, Madrasah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akidah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 26 Jul 2021 12:54
Last Modified: 26 Jul 2021 12:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43067

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum