IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR, DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 19 PURWOREJO JAWA TENGAH

Muh Muktafil Kirom, NIM.: 1520411071 (2020) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR, DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 19 PURWOREJO JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 19 PURWOREJO)
1520411071_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER JUJUR, DISIPLIN, DAN TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 19 PURWOREJO)
1520411071_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dampak globalisasi yang terjadi saat ini membawa masyarakat Indonesia melupakan pendidikan karakter bangsa. Padahal, penguatan pendidikan karakter dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di Negara kita. Pendidikan karakter ialah mengukir dan mempatrikan nilai- nilai ke dalam diri peserta didik melalui pendidikan, endapan pengalaman, pembiasaan, aturan, rekayasa lingkungan dan pengorbanan diri peserta didik sebagai landasan dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku secara sadar dan bebas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (kualitatif) dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, verifikasi, dan trianggulasi data, bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman karakter jujur, disiplin dan bertanggung jawab di SMPN 19 Purworejo. Hasil yang didapatkan dari peneletian menunjukkan pentingnya penanaman pendidikan karakter di sekolah, Implementasi nilai-nilai karakter di dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mutlak diperlukan. Dengan cara mengaplikasikannya ke dalam proses interaksi belajar mengajar, selain itu peneliti dapat mengetahui sejauh mana; 1) konsep Implementasi karakter jujur, disiplin dan bertanggung jawab di SMPN 19 Purworejo, 2) Implementasi karakter jujur, disiplin dan bertanggung melalui pembelajaran PAI, Pelaksanaan karakter jujur, disiplin dan bertanggung jawab siswa di SMPN 19 Purworejo.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:08
Last Modified: 26 Jul 2021 13:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43068

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum