STRATEGI ADAPTASI DAN PENDAPATAN PEDAGANG BATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PASAR BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA

Dayu Apriani, NIM.: 17102030087 (2021) STRATEGI ADAPTASI DAN PENDAPATAN PEDAGANG BATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PASAR BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI ADAPTASI DAN PENDAPATAN PEDAGANG BATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PASAR BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA)
17102030087_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI ADAPTASI DAN PENDAPATAN PEDAGANG BATIK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PASAR BERINGHARJO KOTA YOGYAKARTA)
17102030087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Mewabahnya virus Covid-19 membawa dampak yang besar terhadap dunia, termasuk Indonesia. Virus jenis baru ini telah membuat tatanan hidup manusia berubah. Penularan virus yang sangat cepat membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk memutus rantai penyebarannya. Adapun kebijakan tersebut adalah mengurangi aktivitas sosial di berbagai tempat. Kebijakan ini dikenal dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) , Social distancing dan Lockdown. Susahnya akses keluar masuk antar wilayah dan kota ternyata memberikan dampak terhadap pedagang batik di pasar Beringharjo. Sebab, batik merupakan oleh-oleh yang biasa menjadi minat besar bagi para wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi adaptasi dan pendapatan pedagang batik di pasar Beringharjo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi serta analisis data pada penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Pada penelitian ini terdapat sepuluh narasumber. Sembilan orang diantaranya adalah pedagang batik dengan kriteria tiga pedagang kios, tiga pedagang lapak dan tiga pedagang los serta satu narasumber seorang Kepala Bidang Pasar Rakyat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sejak pandemi Covid-19 memberikan dapat yang besar terhadap pendapatan pedagang batik di pasar Beringharjo. Pendapatan pedagang batik pasar Beringharjo mengalami penurunan mencapai 85 persen selama masa pandemi Covid-19. Untuk mensiasati perubahan tersebut, pedagang batik melakukan strategi adaptasi agar dapat bertahan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Strategi adaptasi tersebut diantaranya adalah menggunakan masker, menjaga kesehatan, beralih profesi, menggunakan tabungan dan menggunakan sosial media untuk berjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing Dra Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pedagang Batik, Strategi Adaptasi, Covid-19
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 23 Jul 2021 10:59
Last Modified: 23 Jul 2021 10:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43069

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum