PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS HUMANISME-TEOSENTRIS PERSPEKTIF TGKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MAJID DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Muhamad Tanthowi Jauhari, NIM.: 1620410045 (2020) PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS HUMANISME-TEOSENTRIS PERSPEKTIF TGKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MAJID DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS HUMANISME-TEOSENTRIS PERSPEKTIF TGKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MAJID DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
1620410045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS HUMANISME-TEOSENTRIS PERSPEKTIF TGKH MUHAMMAD ZAINUDDIN ABDUL MAJID DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
1620410045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan studi tentang pemikiran pendidikan Islam berbasis humanisme-teosentris perspektif TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid dan kontribusinya terhadap materi pendidikan agama Islam. Kajian ini penting dilakukan, melihat pendidikan dewasa ini lebih berorientasi vocasional saja yang menyiapkan SDM hanya untuk sektor industri. Sementara itu, tujuan pendidikan adalah peroses humanisasi, lebih jauh lagi pendidikan bertujuan membentuk manusia yang ideal (insan kamil). Sehingga dalam hal ini, TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid muncul dengan pemikiran pendidikannya yang bercorak humanisme-teosentris. Sebagai tokoh agama sekaligus pahlawan Nasional, pemikiran beliau dalam dunia pendidikan khususnya terkait pendidikan Islam humanisme-teosentris penting dikaji sehingga khazanah pemikiran keislaman di Nusantara dapat muncul di daratan akademik. Selain itu, pemikiran tokoh lokal seperti beliau dapat dijadikan doktrin dalam upaya menangkal pahampaham radikal dan Islam transnasional. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif yang diskriptif analitis. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutika. Sumber penelitian ini terbagi menjadi dua, yakni; sumber primer dan sumber skunder yang diperoleh dari kitab, buku, jurnal, dan didukung dengan data wawancara terhadap beberapa tokoh historis yang merupakan murid-murid terdekat Syekh Zainuddin yang masih hidup. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan membaca, mencatat serta mengolah bahan penelitian dengan meninjau ulang dan konsultasi dengan para ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam humanisme-teosentris TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid sangat dipengaruhi oleh fase keilmuan dan jaringan intelektual selama beliau belajar. Adapun, fase tersebut ialah, fase format keilmuan, konstruksi keilmuan di Makkah dan fase pemantapan sepulangnya dari Makkah, yang melibatkan kondisi sosial budaya masyarakat Lombok pada waktu itu. Kemudian pengaruh pluralitas mazhab dari guru-guru beliau dan juga transfer ilmu pengetahuan dari tiga guru besarnya yang dominan membentuk pemikiran beliau. Sementara itu, nilai-nilai pendidikan Islam humanisme-teosentris beliau adalah; 1) kewajiban dan hak setiap orang, baik laki-laki maupun perempuan untuk dapat belajar setinggitingginya. 2) manusia yang ideal ialah yang mampu mensinergikan antara iman (jiwa), takwa (prilaku), dan akal (intelektual) dalam kesatuan aktual. 3) integrasi keilmuan baik ilmu agama dan umum serta ilmu syari’at dan ilmu tashawuf yang menghasilkan output pendidikan unggul dan barokah ilmunya. Nilai-nilai tersebut sejauh ini sudah diinternalisasikan dalam buku ajar Pendidikan ke-NW-an yang memuat tentang pemahaman terhadap sejarah organisasi, juga menanamkan beberapa nilai turunan, yakni; 1) nilai islam ke-Aswajaan (moderat), yang mencakup teologi, fiqih Syafi’iyah dan akhlak tashawuf dan tarekat Hizib Nahdlatul Wathan. 2) nilai kebangsaan yang mengokohkan jiwa nasionalisme peserta didik. 3) doktrin pemahaman Islam rahmatan lil’alamin sebagai alat deradikalisasi dan melestarikan budaya lokal yang tidak bertentangan dengan syari’at.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Humanisme, Perspektif TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid
Subjects: Agama Dan Filsafat
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:11
Last Modified: 26 Jul 2021 13:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43073

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum