RESPON MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN TRADISI (STUDI KASUS TERHADAP PERUBAHAN TRADISI WIWIT DI DUSUN LEDOKWARENG SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA)

Dellavia Anggita Ramadanty, NIM.: 16540021 (2020) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN TRADISI (STUDI KASUS TERHADAP PERUBAHAN TRADISI WIWIT DI DUSUN LEDOKWARENG SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESPON MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN TRADISI (STUDI KASUS TERHADAP PERUBAHAN TRADISI WIWIT DI DUSUN LEDOKWARENG SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA))
16540021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (RESPON MASYARAKAT TERHADAP PERUBAHAN TRADISI (STUDI KASUS TERHADAP PERUBAHAN TRADISI WIWIT DI DUSUN LEDOKWARENG SARDONOHARJO NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA))
16540021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan jaman memang menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Dalam era modernisasi, banyak sekali dampak yang diakibatkan oleh adanya era tersebut. Salah satunya ialah memudarnya tradisi warisan nenek moyang, yakni Tradisi Wiwit yang ada di Dusun Ledokwareng, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Perubahan tradisi ini kurang mendapat perhatian yang serius. Dilain sisi, sebagai pewaris tradisi perlu melestarikan dan menjaga warisan tersebut. Dalam penelitian ini, penulis fokus menggali repons-respons masyarakat mengenai Perubahan Tradisi Wiwit. Jenis penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian kualitatif yang dianalisis secara deskriptif. Dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan beberapa konsep yang berkaitan dengan subjek penelitian, yakni konsep respons, tradisi, modernisasi, dan perubahan sosial dan teori Perubahan Sosial dari Soerjono Soekanto. Dengan konsep-konsep dan teori tersebut, dapat membantu menarasikan hasil analisis mengenai Respon masyarakat Terhadap Perubahan Tradisi (Studi Kasus Terhadap Perubahan Tradisi Wiwit di Dusun Ledokwareng, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta). Hasil dari penelitian ini menyatakan jika masyarakat serius merespon perubahan Tradisi Wiwit dijaman sekarang. Tradisi Wiwit bagi para petani dan masyarakat merupakan tradisi yang dilakukan menjelang panen padi. Petani melaksanakan Tradisi tersebut sebagai ungkapan rasa syukur atas panen yang diperoleh. Dalam era modernisasi, Tradisi Wiwit mengalami perubahan dari segi pelaksanaan dan dari segi pemahaman masyarakat. Menanggapi hal tersebut, respons yang mereka berikan bersifat subyektif berdasar pengalaman dari masingmasing orang. Selain itu, dari respons yang mereka berikan turut memunculkan saran yang berisi upaya yang bisa dilakukan untuk melestarikan tradisi tersebut agar tetap terjaga keberadaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Masroer. S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: Tradisi Wiwit, Perubahan Sosial, Respons
Subjects: Islam dan Tradisi
Sosiologi
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 14:02
Last Modified: 23 Jul 2021 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43079

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum