NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM SURAH AL-BALAD (Studi Kitab at-Tafsir al-Bayan li al-Qur’an al-Karim (Juz’u ‘Amma) Karya ‘Aisyah ‘Abdurrahman Bint asy-Syati’)

Ayuning Fatimah Zahra, NIM: 16530043 (2020) NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM SURAH AL-BALAD (Studi Kitab at-Tafsir al-Bayan li al-Qur’an al-Karim (Juz’u ‘Amma) Karya ‘Aisyah ‘Abdurrahman Bint asy-Syati’). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM SURAH AL-BALAD (Studi Kitab at-Tafsir al-Bayan li al-Qur’an al-Karim (Juz’u ‘Amma) Karya ‘Aisyah ‘Abdurrahman Bint asy-Syati’))
16530043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (NILAI-NILAI KEMANUSIAAN DALAM SURAH AL-BALAD (Studi Kitab at-Tafsir al-Bayan li al-Qur’an al-Karim (Juz’u ‘Amma) Karya ‘Aisyah ‘Abdurrahman Bint asy-Syati’))
16530043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu tujuan Alqur‟an diturunkan adalah sebagai petunjuk bagi umat manusia menuju kehidupan yang damai dan sejahtera. Misi ini didukung dari segi pembagian tema dalam Alqur‟an yang sebagian besar dari ayat-ayatnya merupakan kajian terhadap relasi antar manusia. Salah satu surah yang merespon mengenai nilainilai kemanusian secara utuh adalah surah al-Balad ayat 1-20. Pemilihan surah ini berdasarkan redaksi dari surah al-Balad yang mengajak setiap manusia untuk mulai membentuk kesadaran di dalam dirinya untuk menolong sesama. Kesadaran inilah yang kemudian menjadikan awal dari masyarakat ideal. Guna mengetahui nilai-nilai kemanusiaan yang terkandung dalam surah al-Balad ini dengan lebih baik dan terarah, penilitan ini merujuk kepada kitab at-tafsi>r al-Baya>n li al-Qur’a >n al-Kari>m karya ‘A>isyah ‘Abdurrah}ma>n bint asy-Sya>t}i’. Mufassir yang dipilih termasuk golongan ulama era kontemporer yang aktif merespon dan mengkritik fenomenafenomena sosial kemasyarakatan pada zamannya. Keterkaitan dua objek penelitian ini yakni surah al-Balad dan Bint asy-Sya>t}i’ dalam hal sosial kemasyarakatan diharapkan dapat diambil suatu interpretasi baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk jenis penelitian library research yang fokus terhadap literatur yang berkaitan dengan penelitian ini. Adapun pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yakni dengan menganalisis hakikat nilai-nilai kemanusiaan yang tercantum dalam surah al-Bala>d menggunakan penafsiran Bint asy-Sya>t}i’ serta mengumpulkan sumber terkait yang dianggap relevan dengan tema tersebut berupa buku, artikel, jurnal, dan skripsi. Data-data yang telah didapatkan tersebut kemudian dianalisa menggunakan teori Nas}r H}a>mid yakni ma’na maghza. Pengaplikasian teori ini berdasarkan adanya hubungan antara kedua mufassir dari segi perjalanan intelektual mereka yang bertemu pada satu guru. Penafsiran Bint asy-Sya>t}i’ dalam penelitian ini berperan sebagai media untuk memahami dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan yang menjadi tujuan dalam surah al-Balad dapat dilaksanakan dalam konteks kekinian. Mengingat dari segi sosial zaman klasik hingga modern perenggutan kemusiaan bukan menghilang tetapi melebur secara sembunyi-sembunyi dalam kehidupan sehari-hari. Adapun hasil dari penelitian ini mendapatkan bahwa nilai-nilai kemanusiaan dimulai dari kepribadian setiap diri manusia untuk kemudian berefek di dalam kehidupan sehari-hari. Surah al-Balad dalam hal ini menyinggung orang-orang yang bersikap sombong dan tidak mau menolong orang lain yakni orang yang diperbudak, anak yatim yang membutuhkan kasih sayang, dan orang yang membutuhkan makan. Sedangkan kepribadian yang dimaksud berupa fitrah setiap manusia yang dilahirkan mempunyai hati nurani untuk melihat dan merasakan keadaan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aida Hidayah, S.Th.I., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Kemanusiaan, Surah al-Balad, Kitab Tafsir al-Bayan li al-Qur’an al-Karim, Bint asy-Syati
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Tafsir Hadist
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2021 14:18
Last Modified: 23 Jul 2021 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43080

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum