PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT DAN SIMULASI KOMPUTER DI CV. RODA JATI KARANGANYAR

Muhammad Shalahuddin Ayyubi, NIM.: 15660015 (2020) PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT DAN SIMULASI KOMPUTER DI CV. RODA JATI KARANGANYAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT DAN SIMULASI KOMPUTER DI CV. RODA JATI KARANGANYAR)
15660015_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI MENGGUNAKAN ALGORITMA CRAFT DAN SIMULASI KOMPUTER DI CV. RODA JATI KARANGANYAR)
15660015_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perancangan tata letak fasilitas merupakan salah satu upaya untuk mengatur dan mengontrol beberbagai alat produksi agar mampu memberikan nilai efisien dari segi tata letak. Tujuan perancangan tata letak fasilitas yaitu untuk menambah kapasitas produksi dengan cara yang paling ekonomis dengan mengatur dan mengkoordinasi dengan efektif dari fasilitas fisik. CV. Roda Jati Karnganyar memiliki permasalahan tata letak fasilitas yang kurang teratur sehingga mengakibatkan jarak material handling yang panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meminimalisir biaya material handling dan jarak material handling dengan membuat perbaikan tata letak fasilitas produksi yang baru, yang kemudian akan dibuat model simulasi komputer untuk melihat seberapa besar perubahan hasil produksi dari desain awal dengan desain perbaikan. Langkah-langkah perancangan tata telak fasilitas dengan menggunakan algoritma craft dimulai dengan mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk membuat From to Chart yang digunakan sebagai data input untuk melakukan perancangan tata letak fasilitas yang baru dengan bantuan software quant system. Selanjutnya desain awal dan desain perbaikan masing-masing disimulasikan dengan menggunakan software Flexsim 2019. Berdasarkan hasil perbandingan desain awal dengan desain perbaikan didapatkan pengurangan jarak material handling sebesar 21,05% dan pengurangan biaya material handling sebesar 21,05%. Menurut analisa dari hasil simulasi perbaikan mengalami peningkatan produksi pada produk stellan bed sebesar 11,68%, produk bookcase sebesar 7,94%, produk lorrie chair sebesar 10,31% dan produk dressing table sebesar 9,92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Arya Wirabhuana S.T, M.Sc
Uncontrolled Keywords: Tata Letak, Algoritma Craft
Subjects: Tehnik Industri
Manajemen > Manajemen Perusahaan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:02
Last Modified: 26 Jul 2021 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43089

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum