PERENCANAAN PENJADWALAN MAINTENANCE MESIN SEALER CUP OTOMATIS 2 LINE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERAWATAN (Studi Kasus : PDAM Tirta Binangun)

Angga Setia Budi, NIM.: 15660027 (2020) PERENCANAAN PENJADWALAN MAINTENANCE MESIN SEALER CUP OTOMATIS 2 LINE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERAWATAN (Studi Kasus : PDAM Tirta Binangun). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERENCANAAN PENJADWALAN MAINTENANCE MESIN SEALER CUP OTOMATIS 2 LINE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERAWATAN (Studi Kasus : PDAM Tirta Binangun))
15660027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERENCANAAN PENJADWALAN MAINTENANCE MESIN SEALER CUP OTOMATIS 2 LINE MENGGUNAKAN METODE MARKOV CHAIN UNTUK MEMINIMALKAN BIAYA PERAWATAN (Studi Kasus : PDAM Tirta Binangun))
15660027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

PDAM Tirta Binangun merupakan salah satu perusahaan yang bergerak disektor pengelolaan sarana penyediaan air minum di Kabupaten Kulon Progo. PDAM Tirta Binangun memiliki beberapa mesin dalam proses produksi pada unit AMDK yang digunakan yaitu mesin sealer cup otomatis 2 line. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh manajemen yaitu kerusakan mesin sealer cup otomatis 2 line yang kerap mengalami problem sehingga mengakibatkan terganggunya proses produksi dan biaya perawatan yang dikeluarkan cukup besar serta tidak optimal. Hal ini diakibatkan oleh sistem penjadwalan yang kurang tepat. Maka dari itu dilakukan perencanaan penjadwalan pemeliharaan menggunakan metode Markov Chain. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merencanakan sistem penjadwalan pemeliharaan mesin sealer cup otomatis 2 line dan biaya yang paling optimal. Dari hasil pengolahan data didapatkan hasil optimal pengeluaran biaya pemeliharaan mesin sealer cup otomatis 2 line dengan menggunakan metode Markov Chain pada usulan pemeliharaan korektif pada status 4 dan pemeliharaan pencegahan pada status 2 dan 3 dengan biaya pemeliharaa sebesar Rp. 149.109,41653 / bulan. Maka diperoleh penghematan biaya pemeliharaan sebesar 14,09 % atau Rp. 24.458,35076 / bulan. Usulan penjadwalan yang optimal bagi perusahaan untuk diterapkan pada mesin Sealer Cup Otomatis 2 Line dalam jangka waktu 10,09 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dwi Agustina Kurniawati, S.T, M. Eng, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Maintanance, Markov Chain
Subjects: Tehnik Informatika
Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 26 Jul 2021 13:03
Last Modified: 26 Jul 2021 13:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum