PROGRAM SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN (SUBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK SUMATRA BARAT

Mutia Miftachul Jannah, NIM.: 17104010016 (2020) PROGRAM SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN (SUBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK SUMATRA BARAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN (SUBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK SUMATRA BARAT)
17104010016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM SEKOLAH UMUM BERBASIS PESANTREN (SUBP) DALAM UPAYA MENINGKATKAN RELIGIUSITAS PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 6 GUNUNG TALANG KABUPATEN SOLOK SUMATRA BARAT)
17104010016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari ketertarikan peneliti tentang upaya meningkatkan religiusitas oleh SMP Negeri 6 Gunung Talang yang bekerjasama dengan orang tua, masyarakat dan pemrintah dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik. Hal ini merupakan upaya untuk mencipakan masyarakat yang sesuai Pendidikan Agama Islam yang diharapkan yaitu pendidikan yang mampu menjadikan seseorang memiliki perilaku kebergamaan, seperti penghayatan nilai-nilai agama yang ditandai dengan adanya keyakinan, pengalaman, dan pengetahuan mengenai agama yang dianutnya dan tidak hanya melalui ketaatan dalam menjalankan ibadah secara ritual seseorang. Dengan kata lain, tinggi rendahnya ketaatan peserta didik dalam menjalankan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik dan bagaimana hasil dari pelaksanaan Program Sekolah Umum Berbasis Pesantren dalam upaya meningkatkan religiusitas peserta didik di SMP Negeri 6 Gunung Talang. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat keadaan riil di lapangan (field research) yang bersifat kualitatif yaitu penelitian deskriptif yang menyajikan data secara sistematik dan memaparkan objek yang sebenarnya di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wali kelas, guru, peserta didik dan masyarakat serta alumni SMP Negeri 6 Gunung Talang. Untuk mengolah data peneliti menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menjelaskan bahwa upaya meningkatkan religiusitas yang dilakukan sekolah melalui program intrakurikuler berupa mata pelajaran, ekstrakurikuler, pembiasaan dan aturan-aturan yang berlalu di SMP Negeri 6 Gunung Talang. Upaya meningkatkan religiusitas terhadap peserta didik tidak akan berhasil apabila tidak ada kerjasama yang baik antara pemerintah, sekolah, orang tua dan masyarakat. Berdasarkan penemuan yang peneliti temukan dampak dari program SUBP dapat dirasakan oleh peserta didik, sekolah, orang tua dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Maragustam S., M.A.
Uncontrolled Keywords: Sekolah Umum Berbasis Pesantren; religiusitas; Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 26 Jul 2021 21:42
Last Modified: 26 Jul 2021 21:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43114

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum