ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 EDISI 2018 KELAS IX SMP/MTS

Ilham Putri Handayani, NIM.: 17104010040 (2020) ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 EDISI 2018 KELAS IX SMP/MTS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 EDISI 2018 KELAS IX SMP/MTS)
17104010040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS NILAI-NILAI TOLERANSI DALAM BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KURIKULUM 2013 EDISI 2018 KELAS IX SMP/MTS)
17104010040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tindakan intoleran pada saat sekarang tidak hanya memasuki wilayah masyarakat pada umumnya tetapi sudah merambat ke dalam dunia pendidikan salah satunya pada jenjang pendidikan SMP/MTS. Dalam upaya minimalisir bahkan mencegah tindakan intoleran tersebut, dunia pendidikan khususnya sekolah dapat menanamkan nilai-nilai toleransi melalui bahan ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Bahan ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti akan membantu peserta didik untuk menanamkan nilai-nilai toleransi dikarenakan bahan ajar ini menuntut peserta didik untuk memiliki nilai-nilai islami dan multikulturalisme. Guru serta bahan ajar yang multikultural akan mewujudkan generasi muda yang humanis, inklusif, toleran, pluralis dan terbuka. Skripsi ini termasuk kepada penelitian literer atau kepustakaan (library research) dengan sumber penelitian yang digunakan adalah bahan ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 edisi 2018 kelas IX SMP/MTS dan sumber pendukung lainnya. Sedangkan untuk teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dan wacana. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Materi bahan ajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti kurikulum 2013 edisi 2018 kelas IX SMP/MTS mengandung nlai-nilai toleransi yang dimana dari ke-13 bab materi pokok, terdapat 9 bab yang mengandung nilai toleransi, 4 bab lainya tidak mengandung nilai toleransi. 2) Muatan nilai-nilai toleransi dalam bahan ajar ini yaitu : a) Mengakui hak setiap orang, b) kesadaran dalam kejujuran, c) setuju dalam perbedaan/agree and disagreement, d) menghormati keyakinan orang lain, e) Menerima untuk hidup damai, f) menjadikan keseragaman dalam perbedaan, g) saling mengerti, h) saling menghargai dan, i) jiwa falsafah pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Munawwar Khalil, S,S., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Toleransi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 27 Jul 2021 12:05
Last Modified: 27 Jul 2021 12:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum