GERAKAN SOSIAL DALAM PEMANFAATAN TANAMAN GANJA (STUDI KASUS PADA LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT LINGKAR GANJA NUSANTARA YOGYAKARTA)

Fajar Sidiq, NIM.: 16720031 (2021) GERAKAN SOSIAL DALAM PEMANFAATAN TANAMAN GANJA (STUDI KASUS PADA LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT LINGKAR GANJA NUSANTARA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN SOSIAL DALAM PEMANFAATAN TANAMAN GANJA (STUDI KASUS PADA LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT LINGKAR GANJA NUSANTARA YOGYAKARTA))
16720031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN SOSIAL DALAM PEMANFAATAN TANAMAN GANJA (STUDI KASUS PADA LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT LINGKAR GANJA NUSANTARA YOGYAKARTA))
16720031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pemanfaatan tanaman ganja masih menjadi polemik di Indonesia, salah satunya untuk kebutuhan medis. Organisasi Lingkar Ganja Nusantara Yogyakarta hadir sebagai bentuk kepedulian sosial terkait permasalahan tanaman ganja. Organisasi tersebut memiliki tujuan mengedukasi masyarakat terkait tanaman ganja agar bisa dimanfaatkan seluas-luasnya bagi kehidupan. Tentunya untuk mencapai tujuan organisasi tidak terlepas dari strategi agar tujuan tersebut bisa tercapai dan tetap eksis hingga saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh Lingkar Ganja Nusantara Yogyakarta dalam mensosialisasikan pemanfaatan tanaman ganja secara positif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pembingkaian aksi kolektif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi Lingkar Ganja Nusantara Yogyakarta dalam mensosialisasikan pemanfaatan tanaman ganja secara positif yaitu pertama, memahami situasi dan kondisi masyarakat terhadap ganja kemudian hadir dalam ruang-ruang publik untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait tanaman ganja melalui diskusi dan seminar. Kedua, menggunakan media sosial untuk menyebarkan tulisan-tulisan yang bertemakan potensi tanaman ganja serta membangun jaringan dengan organisasi gerakan lainnya. Keberhasilan strategi yang dilakukan Lingkar Ganja Nusantara Yogyakarta yaitu dengan adanya transformasi nilai sosial dalam masyarakat terhadap tanaman ganja. Transformasi nilai tersebut dapat terlihat dari tingkat pemahaman dan penerimaan masyarakat luas terkait ganja terutama masyarakat yang membutuhkan pengobatan alternatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Agus Saputro, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Gerakan Sosial, Ganja, LSM
Subjects: Organisasi Masyarakat
Sosial, Gerakan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Anik Nur Azizah
Date Deposited: 20 Sep 2021 14:44
Last Modified: 20 Sep 2021 14:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43145

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum