PARTISIPASI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA DI DESA DAWUHAN KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA

Dhita Ayu Cahyani, NIM. 16720035 (2020) PARTISIPASI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA DI DESA DAWUHAN KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA DI DESA DAWUHAN KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA)
16720035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI KELOMPOK SADAR WISATA DALAM UPAYA PEMBANGUNAN DESA DI DESA DAWUHAN KECAMATAN WANAYASA KABUPATEN BANJARNEGARA)
16720035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menggelontorkan dana sebesar Rp.70, 0 triliun pada tahun 2019 untuk pembangunan desa. Salah satu desa yang terdampak adalah Desa Dawuhan Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara dimana desa mendapatkan anggaran Dana Desa sebesar Rp. 992.338.000 berdasarkan APBDesa 2019. Dana yang diperoleh kemudian digunakan untuk kepentingan masyarakat melalui pembangunan yang sedang diupayakan di Desa Dawuhan salah satunya yaitu pembangunan Desa Wisata. Pembangunan yang sedang diupayakan di Desa Dawuhan disambut dengan antusias oleh masyarakat setempat. Hal tersebut dapat dilihat dari partisipasi Kelompok Sadar Wisata Desa Dawuhan dalam proses pembangunan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana partisipasi POKDARWIS Desa Dawuhan dalam upaya pembangunan desa. Teori yang digunakan adalah teori partisispasi yang digunakan untuk menganalisis partisipasi POKDARWIS Desa Dawuhan dalam pembangunan desa. Partisiapsi adalah peran serta atau keikutsertaan secara pro aktif dalam suatu kegiatan, dalam hal ini adalah peran serta POKDARWIS dalam pengelolaan desa wisata. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dengan 10 informan dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data menggunakan model analisis data dari Miles dan Huberman yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa POKDARWIS sebagai salah satu unit yang fokus mengelola desa wisata melakukan proses perumusan kebijakan. Artinya pengelola POKDARWIS sudah sadar akan pentingnya perumusan kebijakan dalam mengelola desa wisata untuk pembangunan desa. Masih terdapat aspek yang belum sesuai yaitu pada alternatif kebijakan dan program yang justru baru terlaksana ketika kebijakan sudah mulai berjalan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa berdasarkan tujuh jenis/tipologi partisipasi keterlibatan POKDARWIS Desa Dawuhan dalam proses pembangunan desa masuk dalam jenis tipologi partisipasi fungsional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Muryanti S.Sos., M.A,
Uncontrolled Keywords: desa wisata; POKDARWIS; partisipasi masyarakat
Subjects: Pembangunan Desa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 04 Aug 2021 17:45
Last Modified: 04 Aug 2021 17:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43208

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum