PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SAMPAH SAYUR DAN FESES SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BAWANG MERAH (Allium cepa L.)

Intan Dwi Pertiwi, NIM.: 16640010 (2020) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SAMPAH SAYUR DAN FESES SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BAWANG MERAH (Allium cepa L.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SAMPAH SAYUR DAN FESES SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BAWANG MERAH (Allium cepa L.))
16640010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR SAMPAH SAYUR DAN FESES SAPI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIVITAS BAWANG MERAH (Allium cepa L.))
16640010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan uji pupuk organik cair dari feses sapi, sampah sayur dan kombinasi (feses sapi dan sampah sayur) terhadap pertumbuhan dan produktivitas tanaman bawang merah varietas brebes. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahuin kandungan NPK pada pupuk cair organik (feses sapi, sampah sayur dan kombinasi (feses sapi dan sampah sayur)) serta pengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas pada bawang merah. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktor tunggal yaitu kandungan pupuk organik cair dengan 4 perlakuan yaitu P1 (feses sapi), P2 (sampah sayur), P3 (kombinasi (feses sapi dan sampah sayur)) dan K (kontrol) masing-masing diulang sebanyak 5 kali. Data dianalisis dengan analisis One-Way (ANOVA) dan diuji lanjut DMRT untuk mengetahuin perbedaan antar perlakuan. Hasil analisis menyatakan pemberian pupuk organik cair yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan produktivitas bawang merah optimal didapat pada P3 dengan hasil tinggi tanaman (41.20 cm), jumlah daun (19 buah), lebar daun (0.82 cm), bobot basah (38.44 gr) dan bobot kering (37.54 gr). Pupuk organik cair pada berbagai jenis memiliki kandungan NPK masing-masing. POC feses sapi N 0.06%, P 0.02% dan K 0.29%. POC sampah sayur N 0.8%, P 0.02% dan K 0.30%. POC kombinasi (feses sapi dan sampah sayur) N 0.10%, P 0.03% dan K 0.28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Siti Aisah, S.Si., M.Si.; 2. Satiti Ratnasari, M.Sc
Uncontrolled Keywords: pupuk organik cair, feses sapi, sampah sayur
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 13 Aug 2021 14:12
Last Modified: 13 Aug 2021 14:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43309

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum