ANALISIS VEGETASI POHON PADA HABITAT SURILI (Presbytis comata Desmarest, 1822) DI BLOK HUTAN LEMAH NEUNDET TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI

Adella Eriska, NIM.: 16640074 (2021) ANALISIS VEGETASI POHON PADA HABITAT SURILI (Presbytis comata Desmarest, 1822) DI BLOK HUTAN LEMAH NEUNDET TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS VEGETASI POHON PADA HABITAT SURILI (Presbytis comata Desmarest, 1822) DI BLOK HUTAN LEMAH NEUNDET TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI)
16640074_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS VEGETASI POHON PADA HABITAT SURILI (Presbytis comata Desmarest, 1822) DI BLOK HUTAN LEMAH NEUNDET TAMAN NASIONAL GUNUNG CIREMAI)
16640074_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Analisis vegetasi merupakan suatu cara yang dapat menggambarkan komposisi spesies serta struktur komunitas pada suatu kawasan. Struktur dan komposisi vegetasi ini dapat berperan dalam mempengaruhi fungsi dari suatu komunitas khususnya bagi keberadaan satwa liar yang hidup di dalamnya. Salah satunya yaitu terhadap keberadaan surili yang menjadikan vegetasi ini bagian dari habitatnya. Surili merupakan salah satu satwa liar yang dilindungi, sehingga keberadaanya harus dijaga yaitu dengan ikut serta memantau kawasan sebagai habitatnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mempelajari struktur dan komposisi vegetasi pohon serta jenis pohon apa yang mendominasi pada habitat surili di blok hutan Lemah Neundet, Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Analisis vegetasi ini dilakukan pada bulan September 2020 dengan menggunakan metode purposive sampling untuk penentuan lokasi penelitian, serta menggunakan metode line transect dan metode plot untuk pengambilan data vegetasinya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 32 spesies pohon yang berasal dari 17 famili dengan jumlah total individu sebanyak 309 individu. Hasil analisis menunjuukan bahwa terdapat tiga spesies yang paling mendominasi di kawasan penelitian, diantaranya yaitu Pinus merkusii (pinus) dengan nilai kerapatan sebesar 6,04 individu per 100 m ix 2 , Swietenia mahagoni (mahoni) dengan nilai kerapatan sebesar 1,12 individu per 100 m 2 , dan Persea Americana (alpukat) dengan nilai kerapatan sebesar 1,04 individu per 100 m 2 . Nilai kerapatan yang cukup jauh antara Pinus merkusii dan dua spesies dominan lainnya yaitu disebabkan karena Pinus merkusii merupakan spesies tumbuhan yang sengaja ditanam di lokasi tersebut saat TNGC masih dikelola oleh PERHUTANI. Struktur dan komposisi vegetasi pohon pada habitat surili di blok hutan Lemah Neundet terdiri dari 32 spesies pohon yang rata-rata struktur pohonnya menempati stratum C yang didominasi oleh jenis Pinus merkusii (pinus), Swietenia mahagoni (mahoni), dan Persea americana (alpukat). Parameter lingkungan tidak mempengaruhi struktur dan komposisi jenis pada suatu komunitas. Parameter lingkungan akan berpengaruh jika memiliki nilai dengan rentang yang sangat ektrim dari nilai normal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Aisah, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Struktur Komunitas, Komposisi Spesies, Vegetasi Pohon, Habitat Surili.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 16 Aug 2021 09:38
Last Modified: 16 Aug 2021 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43329

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum