PERAN BMT DAARUT TAUHID DALAM PENEGEMBANGAN USAHA KECIL DIJALAN GEGERKALONG GIRANG KELURAHAN ISOLA KECAMATAN SUKA SARI KOTA BANDUNG

Ade Nanang Sarikin, NIM.: 01230645 (2005) PERAN BMT DAARUT TAUHID DALAM PENEGEMBANGAN USAHA KECIL DIJALAN GEGERKALONG GIRANG KELURAHAN ISOLA KECAMATAN SUKA SARI KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN BMT DAARUT TAUHID DALAM PENEGEMBANGAN USAHA KECIL DIJALAN GEGERKALONG GIRANG KELURAHAN ISOLA KECAMATAN SUKA SARI KOTA BANDUNG)
01230645_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN BMT DAARUT TAUHID DALAM PENEGEMBANGAN USAHA KECIL DIJALAN GEGERKALONG GIRANG KELURAHAN ISOLA KECAMATAN SUKA SARI KOTA BANDUNG)
01230645_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Peran BMT DT dalam pengembangan bidang ekonomi, yaitu melalui pemberian pinjaman modal pembiayaan kepada pedagang kecil, dan memberikan pembinaan dari BMT DT yang difokuskan pada Pedagang Kaki Lima. Pembinaan yang diberikan adalah, mengenai manajemen keuangan, pemasaran, proses produksi, dan etika bisnis ala Manajemen Qolbu (MQ). Adapun peran BMT DT dalam hal sepiritual, terlihat pada pemberian bimbingan Al-Qur'an, bimbingan shalat dan bimbingan manajemen qolbu. Hambatan yang dihadapi antara lain adalah dalam hal macetnya modal BMT DT di tangan beberapa nasabah yang identitasnya dirahasiakan demi kebaikan bersama. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang BMT, dan belum adanya likuiditas BMT. Ada beberapa kebijakan yang di ambil oleh BMT DT sebagai solusi dengan memberikan syarat-syarat yang lebih mengikat, antara lain adanya aguna, smvei kelapangan dan mempertimbanghkan kondisi perekonomian keluarga dan yang lainnya. Setelah semua kualifikasi terpenuhi barulah pihak BMT mengeluarkan kebijakan untuk memberikan modal pada mereka, setelah mempertimbangkan kelayakan sesuai kriteria BMT DT, tindakan ini sebagai bukti kornitmen dari pihak pengurus, BMT juga melakukan banyak kerjasarna dengan bank-bank yang berbasis Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Irsyadunnas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ekonomi, Pedagang Kaki Lima, Manajemen Qolbu (MQ)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 20 Aug 2021 11:22
Last Modified: 20 Aug 2021 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43386

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum