PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR BERBASIS GAMES ANDROID (TAPUBA) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR

Aslam Hanif, NIM. 16670011 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR BERBASIS GAMES ANDROID (TAPUBA) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR BERBASIS GAMES ANDROID (TAPUBA) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR)
16670011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TABEL PERIODIK UNSUR BERBASIS GAMES ANDROID (TAPUBA) PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR)
16670011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kemajuan dalam bidang teknologi, informasi, dan komunikasi tidak dapat dihindari pengaruhnya pada dunia pendidikan. Berbagai terobosan banyak dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya untuk mengatasi kesulitan dalam mempelajari materi dan meningkatakan motivasi belajar guna meningkatakan hasil belajar siswa. Kimia adalah salah satu materi yang dinilai membosankan dan enggan dipelajari oleh peserta didik salah satunya sisitem periodik unsur yang mana didalamnya terdapat materi yang bersifat hafalan dan banyaknya nama unsur kimia. Penelitian ini dilakukan dengan metode 4-D (four D). Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan diberi masukan oleh peer reviewer. Selanjutnya media divalidasi oleh dosen ahli media dan dosen ahli materi. Produk kemudian dinilaikan pada empat pendidik kimia SMA/MA dan direspon oleh sepuluh peserta didik dengan menggunakan instrumen penilaian media Games puzzle berbasis android materi pokok sistem periodik unsur. Instrumen tersebut memuat penilaian game usability, mobility, dan game play. Hasil penelitian yang dilakukan berdasarkan penilaian validasi ahli materi, media yang dikembangkan mendapat kategori baik, sedangkan berdasarkan penilaian validasi ahli media, mendapat kategori baik. Berdasarkan respon guru kimia mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 89 %dan siswa SMA/MA kelas X MIPA mendapat kategori sangat baik dengan keidealan 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Game, Sistem Periodik Unsur, Puzzle
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Aug 2021 09:58
Last Modified: 19 Aug 2021 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43396

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum