PENGEMBANGAN MODUL PERSIAPAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA

NILAM MAULANI, NIM.16670014 (2020) PENGEMBANGAN MODUL PERSIAPAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL PERSIAPAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA)
16670014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL PERSIAPAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL KIMIA PADA MATERI STOIKIOMETRI UNTUK SMA/MA)
16670014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap peserta didik. Peserta didik yang dapat berpikir kritis diharapkan juga akan berpikir kreatif sehingga dapat mengidentifikasi dan memecahkan masalah melalui pemikirannya sendiri. Namun peserta didik di Indonesia masih memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang rendah khususnya pada bidang kimia. Penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas peserta didik. Namun kurangnya referensi dalam mengadakan pembinaan olimpiade kimia adalah salah satu kendala sekolah dalam meningkatkan prestasi peserta didiknya pada kegiatan olimpiade. Stoikiometri adalah salah satu materi yang memuat banyak perhitungan sehingga dibutuhkan analisis yang cukup dalam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia pada materi stoikiometri dan mengetahui kualitas modul Olimpiade Sains Nasional (OSN) berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta olimpiade. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dibatasi hanya sampai tahap develop. Produk modul olimpiade dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer review. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, dan empat reviewer (guru kimia), serta direspon oleh sepuluh peserta olimpiade. Penilaian kualitas dilakukan menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon peserta olimpiade dilakukan menggunakan lembar angket skala Guttman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dikembangkan modul olimpiade pada materi stoikiometri sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan sebagai referensi dalam rangka mempersiapkan Olimpiade Sains Nasional (OSN) kimia. Hasil persentase penilaian kualitas produk oleh ahli materi sebesar 94% dengan kategori Sangat Baik (SB), ahli media sebesar 94,54% dengan kategori Sangat Baik (SB), dan guru kimia SMA/MA sebesar 84% dengan kategori Sangat Baik (SB). Modul ini direspon positif oleh peserta olimpiade dengan persentase sebesar 97%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan, Modul, Olimpiade Sains Nasional, Stoikiometri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Aug 2021 10:11
Last Modified: 19 Aug 2021 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum