SISTEM PENGORGANISASIAN PADA YAYASAN PONDOK MESJID MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (POMESMAWI) DI KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS JAWA TENGAH

Evi Khikmawati, NIM: 01240795 (2006) SISTEM PENGORGANISASIAN PADA YAYASAN PONDOK MESJID MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (POMESMAWI) DI KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENGORGANISASIAN PADA YAYASAN PONDOK MESJID MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (POMESMAWI) DI KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS JAWA TENGAH)
01240795_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENGORGANISASIAN PADA YAYASAN PONDOK MESJID MADRASAH WATHONIYAH ISLAMIYAH (POMESMAWI) DI KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS JAWA TENGAH)
01240795_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan sistem pengorganisasian pada bidang pendidikan di Yayasan Pondok Mesjid Madrasah Wathoniyah Islamiyah (POMESMA WI) dan mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat proses pengorganisasian pada bidang pendidikan di Yayasan Pondok Mesjid Madrasah Wathoniyah Islamiyah (POMESMA WI) di Kebarongan, Kemranjen, Banyumas. Jenis penelitian tergolong penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari sasaran penelitian yang selanjutnya disebut informan atau responden melalui instrumen pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dokumentasi dan sebagainya. Dari data tentang sistem pengorganisasian yang dilakukan oleh bidang pendidikan sebagaimana tersebut dalam bab III di muka, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa : Departementalisasi, telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan kebutuhan organisasi dan mengelompokkan fungsi-fungsi yang sejenis sehingga tidak ada pekerjaan yang tumpang tindih dan tidak terjadi organisasi yang kembar. Akan tetapi terkadang terjadi konflik atau perbedaan pendapat diantara masing-masing unit dan koordinasi yang kurang tepat. Bidang pendidikan juga telah melakukan pendekatan­pendekatan departementalisasi secara tepat meliputi; pendekatan structural, pendekatan persuasif, pendekatan etos kerja, dan pendekatan individual. Pembagian kerja, dalam ha! pembagian kerja belum dapat terlaksana dengan baik karena dari masing-masing unit yang ada belum membagi pekerjaannya dengan baik dalam arti masih ada dua jabatan yang dipegang oleh satu orang Pendelegasian wewenang dan tanggungjawab, telah dilaksanakan dengan cukup baik di mana pimpinan bidang pendidikan menggunakan sistem pendelegasian desentralisasi dengan mendelegasikan wewenangnya kepada unit di bawalmya secara meluas Koordinasi, telah dilakukan dengan cukup baik meliputi koordinasi intern yaitu mengadakan rapat-rapat rutin, pertemuan informal maupun pembuatan buku-buku pedoman, dan sebagainya Komunikasi, terjalin cukup baik dan lancar baik melalui lisan, tulisan, simbol-simbol ataupun media komunikasi yang lain seperti telepon seluler.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Masyhudi, BBA., M.Si
Uncontrolled Keywords: Sistem pengorganisasian, Yayasan Pondok Mesjid Madrasah Wathoniyah Islamiyah (POMESMA WI), Kebarongan, Kemranjen, Banyumas.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 19 Aug 2021 16:53
Last Modified: 19 Aug 2021 16:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43422

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum