KONTRIBUSI DAKWAH Bl AL-LISAN DAN DAKWAH BI AL-HAL PADA MASYARAKAT KELURAHAN TEGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA (Study Strategi Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

Diah Fatmawati, NIM : 002210127 (2005) KONTRIBUSI DAKWAH Bl AL-LISAN DAN DAKWAH BI AL-HAL PADA MASYARAKAT KELURAHAN TEGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA (Study Strategi Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI DAKWAH Bl AL-LISAN DAN DAKWAH BI AL-HAL PADA MASYARAKAT KELURAHAN TEGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA (Study Strategi Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
002210127_Bab I_Bab IV_Pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI DAKWAH Bl AL-LISAN DAN DAKWAH BI AL-HAL PADA MASYARAKAT KELURAHAN TEGALPANGGUNG DANUREJAN YOGYAKARTA (Study Strategi Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta))
002210127_Bab II_Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dakwah bi al-lisan dan dakwah bi al-hal PPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan keagamaan terhadap masyarakat Tegalpanggung Danurejan Yogyakarta. penelitian ini adalah penelitian kasus, maka unit penelitiannya adalah satu, yaitu lembaga dan bidang garapannya. Sedangkan yang dimaksud dengan subyek penelitian adalah individu - ­individu yang dijadikan sebagai sumber informasi yang berkaitan dengan penelitian. Adapun subyek penelitian di sini adalah pengurus PPM dan masyarakat Tegalpanggung Danurejan Yogyakarta. Metode Pengumpulan Data yang digunakan antara lain : Metode Observasi, Metode interview., Metode Dokumentasi, Metode Analisa Data, Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif-kualitatif, artinya data yang diperoleh kemudian disusun dan digambarkan menurut apa adanya, yaitu mcrupakan penyingkapan fakta tanpa melaksanakan hipotesa, semata-mata untuk memberikan gambaran yang tepat dari satu individu keadaaan, gejala, atau kelompok tertentu secara obyektifberdasarkan kerangka yang telah dibuat, dengan ungkapan-ungkapan kalimat, sehingga dapat dijadikan dasar untuk menarik pengertian-pengertian dan kesimpulan yang logis dari pennasalahan yang diteliti. Dari basil penelitian dan analisa data yang dikemukakan akhirnya dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Konsep dan strategi dakwah mendatang hendaknya diarahkan pada problem solving atau pembebasan terhadap permasalahan kehidupan umat di lapangan. Untuk membangun potensi masyarakat penggabungan antara kcgiatan dakwah bi al lisan dan dakwah bi al hal sangat determinan untuk digagas, agar dakwah dapat tampil secara aktual, faktual dan kontekstual, sehingga kegiatan dakwah dapat diterima di masyarakat dan mendapatkan feed back yang baik.Sesuai dengan kebutuhan masyarakat dakwah tak sekedar bermakna sebuah rethorika (Komunikasi verbal) dakwah juga dapat dilakukan melalui tindakan nyata (Komunikasi non verbal), misalnya pemberian dana stimulan bagi pedagang kecil, pemberian ketrampilan skill dan pemanfaatan home industri, pembentukan koperasi mini, pembangunan musholla, sumur peresapan air hujan dan sebagaianya. Kontribusi dakwah bi al-hal dan bi al-lisan terhadap masyarkat.dalam pengembangan masyarakat dalam berbagai aspek dapat diwujudkan dengan pengembangan SDM masyarakat agar tercipta masyaraka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moh. Abu Suhud, M.pd
Uncontrolled Keywords: Kontrubusi dakwah bi al-lisan, dakwah bi al-hal, Tegalpanggung Danurejan Yogyakarta
Subjects: DAKWAH ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 20 Aug 2021 14:06
Last Modified: 20 Aug 2021 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43441

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum