ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI DENGAN PEMETAAN KUALITAS LAYANAN MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DAN ANALISIS FAKTOR

Alfi Rahma, NIM.: 16660021 (2020) ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI DENGAN PEMETAAN KUALITAS LAYANAN MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DAN ANALISIS FAKTOR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI DENGAN PEMETAAN KUALITAS LAYANAN MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DAN ANALISIS FAKTOR)
16660021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERANCANGAN STRATEGI DENGAN PEMETAAN KUALITAS LAYANAN MELALUI PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY DAN ANALISIS FAKTOR)
16660021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Poliklinik anak merupakan salah satu bagian dari pelayanan kesehatan yang ditawarkan oleh rumah sakit untuk pasien anak. Layanan kesehatan yang ditujukan untuk pasien anak saat ini semakin meningkat dengan berdirinya rumah sakit ibu dan anak. Penelitian ini dilakukan untuk merancang strategi agar layanan poli anak di Rumah Sakit X dapat menciptakan samudera biru dalam kualitas layanan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan servqual, blue ocean strategy, dan analisis faktor berdasarkan data kuesioner yang diperoleh dari pasien yang menerima 2 layanan poli anak di rumah sakit yang berbeda. Responden memberikan penilaian di setiap variabel dalam lima dimensi pokok service quality yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy pada skala harapan dan realita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien merasakan ketidakpuasan terhadap beberapa variabel kualitas layanan yang diberikan oleh layanan poli anak Rumah Sakit X berdasarkan analisis servqual. Selain itu, canvas strategy menunjukkan bahwa layanan yang diberikan berada pada samudera merah. Berdasarkan analisis faktor dari 32 variabel dalam penelitian tidak terdapat variabel yang dieliminasi dan membentuk 6 faktor yang menunjukkan korelasi dengan kepuasan kualitas layanan. Faktor 1 hingga 5 memiliki korelasi positif, sedangkan faktor 6 memiliki korelasi negatif. Hasil ini menunjukkan kesesuaian dengan hasil analisis canvas strategy. Oleh karena itu, strategi menuju samudera biru yang dirancang dapat mengurangi investasi pada faktor 6, meningkatkan kualitas pada faktor 1 serta menciptakan fasilitas dan layanan sebagai nilai beda pada faktor 2. Rancangan strategi yang diciptakan telah memenuhi tiga kualitas dari blue ocean strategy yaitu fokus, gerak menjauh, dan motto utama yang dapat menggambarkan strategi yang diciptakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Tutik Farihah, S.T., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Layanan, Blue Ocean Strategy, Analisis Faktor
Subjects: Manajemen
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 23 Aug 2021 10:02
Last Modified: 23 Aug 2021 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43451

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum