PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF ACTIVE LEARNING DI KELAS II MA AGAMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

ROKHAYATI MU'AWANAH NIM. 05420046, (2010) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF ACTIVE LEARNING DI KELAS II MA AGAMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF ACTIVE LEARNING DI KELAS II MA AGAMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (532kB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB PERSPEKTIF ACTIVE LEARNING DI KELAS II MA AGAMA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran Bahasa Arab di kelas II MA Agama Ali Maksum Yogyakarta dan mengetahui sejauh mana konsep dan prinsip dari active learning diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang MA Agama Ali Maksum Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas II MA Agama Ali Maksum Yogyakarta. Kemudian metode analisis datanya dengan cara deskriptif analitik karena umumnya data yang dikumpulkan bukan angka, kalaupun ada angka sifatnya hanya sebagai penunjang saja. Hasil penelitian menunjukkan: Dalam proses pembelajaran bahasa Arab, guru bahasa Arab disini masih belum atau kurang maksimal dalam menerapkan konsep dan prinsip active learning, hal ini di karenakan kurangnya media dan penggunaannya, sarana yang tersedia serta kurangnya pengetahuan guru bahasa Arab tentang bagaimana kondisi individu peserta didiknya ketika belajar. Saran yang peneliti ajukan adalah hendaknya pihak sekolah atau madrasah menyediakan sarana dan fasilitas sebagai sarana pendukung dalam kegiatan atau proses pembelajaran, guru bahasa Arab memperluas pengetahuannya tentang bagaimana menciptakan inovasi baru dalam menerapkan metode yang efektif dan efisien, serta bisa memahami kondisi individu peserta didiknya ketika belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Zainal Arifin Ahmad, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Active learning, Pembelajaran Bahasa Arab,
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 16:37
Last Modified: 05 Apr 2017 09:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4347

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum