PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI STUDY GROUP STRATEGY Di Kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010

SRI SA'DAH MUNIROH NIM 06420029, (2010) PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI STUDY GROUP STRATEGY Di Kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI STUDY GROUP STRATEGY Di Kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
BAB I,IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MELALUI STUDY GROUP STRATEGY Di Kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta Tahun Ajaran 2009/2010)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (941kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas XI-IA SMA UII Banguntapan Yogyakarta yang disebabkan oleh rendahnya kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh pendidik. Pendidik merupakan penentu jalannya pembelajaran. Akan berjalan dengan membosankan, ataupun berjalan dengan menyenangkan. Selama ini guru menggunakan strategi pembelajaran yang konvensional sehingga siswa mengalami kebosanan dalam belajar sehingga keaktifannya rendah. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan mendeskripsikan penerapan study group strategy dalam pembelajaran bahasa Arab serta meningkatkan keaktifan siswa kelas XI-IA. Penelitian ini bersifat kualitatif, yang mengambil lokasi SMA UII Banguntapan Yogyakarta.Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, interview, dokumentasi dan angket. Analisis data yang dilakukan dengan mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Arab dan peningkatan keaktifan siswa melalui study group strategy. Adapun kegiatan penelitian meliputi: Plan (perencanaan), Act (tindakan),Observe (pengamatan),dan Reflect {refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan yang diawali dengan observasi awal pembelajaran dan kegiatan pra tindakan. Penerapan study group strategy ini lebih berpusat kepada siswa dalam proses pembelajaran, dengan diberikan tugas kelompok, melakukan diskusi kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, dan penghargaan kelompok (reward). Kedua, Adanya peningkatan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Aspek keaktifan siswa tersebut meliputi: antusiasme dalam mengerjakan tugas, mengerjakan tugas sesuai waktu yang ditentukan, senang setiap mengikuti pembelajaran, mencari sumber belajar lain, mengemukakan pendapat dalam kelompok, bertanya kepada guru jika materi kurang jelas, berpartisipasi dalam kelompok, saling membantu dalam kelompok, mendengarkan pendapat orang lain dan saling bertanya dalam kelompok. Secara umum peningkatan yang terjadi cukup signifikan. Pada pra tindakan sebesar 35, 1%, kemudian siklus I menjadi 80,6%, dan meningkat pada siklus II sebesar 92, 6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Abdul Munif, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Study Group Strategy
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 15 Aug 2012 17:37
Last Modified: 05 Apr 2017 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4352

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum