DUKUNGAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SUCCESSFUL AGING PADA KOMISI LANJUT USIA DANUR KENCONO KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA

Mutia Azmi, NIM 16220063 (2020) DUKUNGAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SUCCESSFUL AGING PADA KOMISI LANJUT USIA DANUR KENCONO KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (DUKUNGAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SUCCESSFUL AGING PADA KOMISI LANJUT USIA DANUR KENCONO KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA)
16220063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (DUKUNGAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN SUCCESSFUL AGING PADA KOMISI LANJUT USIA DANUR KENCONO KECAMATAN DANUREJAN KOTA YOGYAKARTA)
16220063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Jumlah lanjut usia (lansia) di Kota Jogja yang tinggi dan semakin meningkat sehingga membuat angka harapan hidup lansia semakin panjang. Hal ini tentu perlu adanya dukungan sosial dari berbagai pihak agar lansia di Kota Jogja dapat memaksimalkan potensi yang masih dimiliki. Jika lansia dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki tersebut maka ia dapat mencapai masa tua yang berhasil (succesfull aging). Salah satu yang dapat memberikan dukungan sosial adalah melalui komunitas atau organisasi dan orang-orang terdekat di lingkungan lansia tersebut tinggal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana dukungan sosial yang diberikan oleh Komisi Lanjut Usia Danur Kencono, sehingga dari dukungan sosial tersebut apakah dapat meningkatkan successfull aging pada lansia di Kecamatan Danurejan, kamudian penelitian ini berfokus mendeskripsikan bentuk-bentuk dukungan sosial dari Komisi Lanjut Usia Danur Kencono. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah 3 pengurus Komisi Lanjut Usia Danur Kencono, 1 orang Ka.si Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Danurejan dan 6 lansia di Kecamatan Danurejan. Sedangkan objek penelitian adalah bentuk-bentuk dukungan sosial dalam meningkatkan successful aging pada lansia Kecamatan Danurejan. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diverifikasi sehingga dapat menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk dukungan sosial komisi lansia Danur Kencono dalam meningkatkan successful aging pada lansia Kecamatan Danurejan, adalah: dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Lanjut Usia, Successfull Aging
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 09:50
Last Modified: 31 Aug 2021 09:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43594

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum