PERAN KONSELOR DALAM MENANGANI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA

Risa Aprianti, NIM 16220068 (2020) PERAN KONSELOR DALAM MENANGANI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PERAN KONSELOR DALAM MENANGANI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
16220068_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN KONSELOR DALAM MENANGANI ANAK KORBAN KEKERASAN SEKSUAL DI PUSAT PELAYANAN TERPADU PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN KEKERASAN (P2TPAKK) “REKSO DYAH UTAMI” YOGYAKARTA)
16220068_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya kasus kekerasan seksual pada anak khusunya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Anak yang seharusnya memiliki lingkungan dan metode pengasuhan yang baik untuk menunjang proses pertumbuhan dan perkembangannya justru tidak mendapatkan haknya. Kekerasan seksual pada anak tentu saja menimbulkan trauma dan dampak negative lainnya pada anak. Anak yang mengalami trauma tentu saja memerlukan bantuan seorang yang professional dan mampu mendampinginya dalam menjalani masa-masa pemulihan akibat trauma kekerasan seksual, maka dari itu anak memerlukan suatu lembaga dan konselor yang mampu melindunginya dan memberikan rasa aman pada anak. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran konselor dalam menangani anak korban kekerasan seksual di P2TPAKK “Rekso Dyah Utami” Yogyakarta. Objek penelitian ini yaitu pada peran konselor. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran konselor dalam menangani anak korban kekerasan seksual di P2TPAKK “Rekso Dyah Utami” terdiri dari tiga peran yaitu konselor sebagai konsultan, konselor sebagai agen perubahan, konselor sebagai manajer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nailul Falah. S.Ag, M.Si
Uncontrolled Keywords: Peran Konselor, Anak Korban Kekerasan Seksual
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 09:58
Last Modified: 31 Aug 2021 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43596

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum