BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA

Indah Farih Ululi, NIM. 16220069 (2020) BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA)
16220069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENINGKATKAN PENYESUAIAN DIRI SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-QUR’AN ANAK-ANAK NURUL ULUM BANTUL YOGYAKARTA)
16220069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penyesuaian diri anak-anak yang masih berumur sekitar 7 tahun yang baru menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al-Qur‟an Anak-Anak Nurul Ulum Bantul Yogyakarta pada tahun pertama, sedangkan yang namanya anak-anak masih sangat ingin dekat dengan orangtuanya. Mereka yang baru memasuki dunia pesantren dan dituntut untuk mandiri dan hidup bersosial dan adanya karakteristik, kondisi dan lingkungan yang baru dan berbeda. Hal ini membantu anak dalam menyesuaikan diri di lingkungan sosial yang baru membutuhkan orang lain atau pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sebuah bimbingan pribadi sosial yang dilakukan oleh pembimbing dapat membantu dalam penyesuaian diri pada anak yang memasuki lingkungan sosial barunya yakni di Pondok Pesantren Anak Nurul Ulum Bantul Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah pembimbing dan beberapa anak atau santri baru. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ustadzah, pengurus dan santri nurul ulum. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, deskripsi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pelaksanaan bimbingan pribadi sosial dalam meningkatkan penyesuaian diri santri di PP Nurul Ulum Bantul menggunakan metode secara langsung yang meliputi: pemberian nasehat, kunjungan rumah dan karyawisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Muhsin Kalida, S.Ag.,MA., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi Sosial, Penyesuaian Diri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 10:02
Last Modified: 31 Aug 2021 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43597

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum