KEGIATAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS IIA YOGYAKARTA

Rasyid Hidayat, NIM 16220109 (2020) KEGIATAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS IIA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS IIA YOGYAKARTA)
16220109_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN TAHFIDZ AL-QURAN DALAM MENINGKATKAN KEPRIBADIAN MUSLIM WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LAPAS KELAS IIA YOGYAKARTA)
16220109_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya penurunan keimanan dan kepercayaan kepada Allah SWT sehingga melatarbelakangi terjadinya tindak kejahatan. Kemudian upaya pembinaan yang dilakukan melalui kegiatan menghafal Al-Quran dalam meningkatkan kepribadian muslim warga binaan pemasyarakatan Lapas Kelas IIA Yogyakarta. Fokus penelitian ini yaitu bentuk kegiatan menghafal Al-Quran di Lapas Kelas IIA Yogyakarta dalam meningkatkan kepribadian muslim warga binaan pemasyarakatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Pembimbing dari Lapas Kelas Kelas IIA Yogyakarta, Pembimbing dari Kemenag Kota Yogyakarta, Santri Madrasah Al-Fajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kegiatan menghafal Al-Quran yang dilaksanakan di Madrasah Al-Fajar adalah tahsin, setoran atau tsami’ dan muraja’ah. Masing-masing kegiatan memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kepribadian muslim warga binaan pemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Al-Quran, Meningkatkan Kepribadian Muslim, Warga Binaan Pemasyarakatan.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 10:20
Last Modified: 31 Aug 2021 10:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43601

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum