STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG KREATIF LAPANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KAWASAN ALUNALUN WATES

Verilisia Fatimah Ardhiyanti Riyanto, NIM. 16230029 (2021) STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG KREATIF LAPANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KAWASAN ALUNALUN WATES. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG KREATIF LAPANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KAWASAN ALUNALUN WATES)
16230029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI BERTAHAN HIDUP PEDAGANG KREATIF LAPANGAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 : STUDI KAWASAN ALUNALUN WATES)
16230029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul "Strategi Bertahan Hidup Pedagang Kreatif Lapangan Pada Masa Pandemi Covid-19 : Studi Kawasan Alun-alun Wates", kasus positif infeksi Covid-19 di Indonesia semakin meningkat. Sejak kemunculannya di Indonesia pada bulan Maret 2020 sampai tanggal 28 Juni 2020, jumlah kasus positif infeksi Covid-19 telah mencapai 54.010 Kasus. Hal ini menunjukkan bahwa virus Covid-19 telah menyebar secara cepat. Oleh karena itu, untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19, pemerintah menerapkan sistem PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Kabupaten Kulon Progo. Sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Bupati 440/1197 Tahun 2020 tentang Kewaspadaan Terhadap Resiko Penularan Infeksi Covid-19. Sayangnya, penerapan tersebut berdampak buruk pada perekonomian masyarakat. Salah satunya pedagang kreatif lapangan di Kawasan Alun-alun Wates sebagai pelaku usaha mikro kecil menengah. Penerapan PSBB menyebabkan menurunnya jumlah pengunjung. Akibatnya pendapatan yang diperoleh PKL juga mengalami penurunan. Bahkan terdapat PKL yang tidak mendapatkan pendapatan karena harus menutup usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ekonomi dan strategi yang dilakukan pedagang kreatif lapangan di Kawasan Alun-alun Wates pada masa pandemi Covid-19 khususnya pada bulan Maret sampai bulan Mei 2020 atau sebelum sistem New Normal diterapkan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Untuk menggali informasi terkait rumusan masalah penelitian ini, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun dalam mengetahui keabsahan data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan dalam melakukan analisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi pedagang kreatif lapangan di Kawasan Alun-alun Wates mengalami ketidakstabilan selama pandemi Covid-19 khususnya bulan Maret sampai bulan Mei 2020. Adapun strategi bertahan hidup yang digunakan pedagang yaitu (1) strategi aktif seperti mencari pekerjaan lain, mengajak anggota keluarga membantu bekerja, dan memiliki anggota keluarga yang bekerja. (2) strategi pasif seperti tidak membeli pakaian atau membeli pakaian yang penting, makan seadanya/sederhana, memanfaatkan hasil kebun/sawah, mengurangi penggunaan listrik dan mengurangi penggunaan kendaraan. (3) strategi jaringan seperti berhutang atau meminjam uang, memanfaatkan bantuan sosial, berusaha mencari bantuan sosial dan bekerjasama dengan pihak/orang lain. (4) memperbanyak istighfar. (5) meningkatkan iman dan taqwa. (6) bersedekah. (7) bersabar dan bersyukur. (8) shalat sunnah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Pajar Hatma Indra Jaya, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kondisi Ekonomi, Strategi Bertahan Hidup, Pedagang Kreatif Lapangan, Pandemi Covid-19
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 10:39
Last Modified: 31 Aug 2021 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43605

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum