PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA DESA DAN EKSISTENSINYA DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA NGARGORETNO, SALAMAN, MAGELANG

Niken Triyani, NIM 16230046 (2021) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA DESA DAN EKSISTENSINYA DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA NGARGORETNO, SALAMAN, MAGELANG. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA DESA DAN EKSISTENSINYA DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA NGARGORETNO, SALAMAN, MAGELANG)
16230046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS WISATA DESA DAN EKSISTENSINYA DITENGAH PANDEMI COVID-19 DI DESA NGARGORETNO, SALAMAN, MAGELANG)
16230046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pemberdayaan masyarakat berbasis wisata desa di Desa Ngargoretno dan eksistensinya ditengah pandemi covid-19. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa proses pemberdayaan masyarakat berbasis wisata desa di Desa Ngargoretno melalu tahap penyadaran, pengkapasitasan dan pendayaan. Tahap penyadaran meliputi edukasi wisata desa terhadap masyarakat, studi banding dan penilaian mekanisme pasar. Tahap pengkapasitasan melalui pelatihan dasar wisata desa, pengelolaan wisata, peningkatan kualitas produk wisata dan pendampingan. Tahap pendayaan dengan zonasi potensi, pembentukan organisasi wisata dan pemberian wewenang. Sedangkan untuk mewujudkan eksistensi wisata desanya ditengah pandemi covid-19 Wisata Desa Ngargoretno menempuh empat tahapan yaitu adaptation, goal attainment, integration dan latency. Adaptation dengan menggeser obyek wisata destinasi ke produk wisata oleh-oleh, merubah sistem penjualan dari langsung ke sistem online dan memperbaharui tampilan produk. Goal attainment dengan mendeklarasikan diri sebagai destinasi wisata yang aman dengan memberlakukan protokol kesehatan. Integration dengan intensifikasi komunikasi dan ekstensifikasi jejaring. Latency dengan menjaga pola kultural di masyarakat dan pemeliharaan motivasi ekonomi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Syamsiyatun, M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Wisata Desa, Pandemi, Desa Ngargoretno
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:33
Last Modified: 31 Aug 2021 11:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43610

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum