MANAJEMEN PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI ANGKATAN KE 3 (TIGA) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019

Didi Yuda Perwira, NIM 16240010 (2020) MANAJEMEN PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI ANGKATAN KE 3 (TIGA) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI ANGKATAN KE 3 (TIGA) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019)
16240010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELATIHAN SERTIFIKASI PEMBIMBING MANASIK HAJI ANGKATAN KE 3 (TIGA) DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA TAHUN 2019)
16240010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Komponen penting dalam penyelenggaraan ibadah haji ialah pembimbing manasik haji yang bertugas secara langsung memberikan pelayanan bimbingan ibadah kepada jamaah haji. Untuk menjadi pembimbing manasik haji yang profesional dan berkualitas maka perlu dilakukan sertifikasi. Pelaksanaan sertifikasi tidak semata hanya seremonial, tetapi hal tersebut dilakukan dengan harapan berdampak pada peningkatan profesionalitas pembimbing haji. Pentingnya pelaksanaan pelatihan sertifikasi bagi pembimbing manasik haji, maka perlu diterapkan manajemen yang baik untuk mensukseskan pelatihan agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pelatihan sertifikasi pebimbing manasik haji mulai dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif. Jenis penelitihan yang bertujuan agar memperoleh informasi yang akurat dan mendeskripsikan serta menggambarkan suatu keadaaan sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Angkatan Ke3 (tiga) di UIN Sunan Kalijaga Tahun 2019 dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian manajemen pelatihan sertifikasi pembimbing manasik haji, pihak penyelenggara telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan baik sesuai dengan teori-teori manajemen yang tercantum dalam literatur pustaka. Keberhasilan dalam pelaksanaan ini sudah mencapai target dan mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Meskipun masih ada yang perlu diperbaiki untuk dan mewujudkan pembimbing manasik haji yang profesional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.Mokh. Nazili, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembimbing Manasik, Manajemen Pelatihan.
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:42
Last Modified: 31 Aug 2021 11:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43614

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum