MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT AL-USWAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL TUBAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Alya Fitra Dewi, NIM. 16240018 (2020) MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT AL-USWAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL TUBAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT AL-USWAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL TUBAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16240018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMPIT AL-USWAH ISLAMIC BOARDING SCHOOL TUBAN TAHUN AJARAN 2019/2020)
16240018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang terletak di Tuban di bawah naungan LPIT (Lembaga Pendidikan Islam Terpadu) Al-Uswah Tuban. SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban memiliki sistem boarding school yang berbasis dakwah untuk siswa-siswinya. Pada era globalisasi, tanpa sadar membuat manusia untuk selalu mengikuti trend, terutama kaum muda atau generasi milenial. Segala bentuk pengaruh dari lingkungan luar baik itu pengaruh yang sifatnya positif maupun negatif tetap menjadi sasaran empuk untuk dikonsumsi. Hal tersebut mengakibatkan moralitas masyarakat terutama di Indonesia menurun. Oleh karena itu, penyusun ingin mengetahui manajemen penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penguatan pendidikan karakter peserta didik di di SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban. teori yang digunakan adalah teori dari George R. Terry tentang fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan wawancara tidak terstruktur dan mendalam secara online dengan Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, dan peserta didik, observasi terlibat pada beberapa kegiatan di SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban serta dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang mendukung analisis dan intepretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban menggunakan 4 fungsi manajemen George R. Terry dalam melakukan penguatan pendidikan karakter peserta didik, yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Kendala yang dialami SMPIT Al-Uswah Islamic Boarding School Tuban dalam pelaksanaan penguatan pendidikan adalah beberapa sarana dan prasarana belum terpenuhi sehingga menghambat pelaksanaan penguatan pendidikan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Fatimah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Penguatan, Pendidikan, Karakter, Peserta Didik
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 11:46
Last Modified: 31 Aug 2021 11:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43615

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum