PENGELOLAAN DANA FILANTROPI ISLAM PADA MASA TANGGAP DARURAT BENCANA (Studi pada Gerakan KOIN NU di NU CARE-LAZISNU Temanggung Jawa Tengah)

Anisa Ayu Wulandari, NIM 16240093 (2021) PENGELOLAAN DANA FILANTROPI ISLAM PADA MASA TANGGAP DARURAT BENCANA (Studi pada Gerakan KOIN NU di NU CARE-LAZISNU Temanggung Jawa Tengah). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN DANA FILANTROPI ISLAM PADA MASA TANGGAP DARURAT BENCANA (Studi pada Gerakan KOIN NU di NU CARE-LAZISNU Temanggung Jawa Tengah))
16240093_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN DANA FILANTROPI ISLAM PADA MASA TANGGAP DARURAT BENCANA (Studi pada Gerakan KOIN NU di NU CARE-LAZISNU Temanggung Jawa Tengah))
16240093_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan gerakan KOIN NU di Temanggung pada masa tanggap darurat bencana covid-19 yang cukup pesat menuntut adanya pengelolaan dana filantropi Islam yang terorganisir dengan baik. Penerapan manajemen zakat, infak, sedekah (ZIS) sesuai UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat yang didalamnya memuat infak, sedekah, dan dana sosial lainnya pada lembaga amil zakat penting untuk dilakukan sebagai acuan pengelolaan dana filantropi Islam agar tepat sasaran dan dapat mencapai tujuan dari lembaga tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dana filantropi Islam di NU CARE-LAZISNU Temanggung pada masa tanggap darurat bencana covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Obyek dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengelolaan dana filantropi Islam pada gerakan KOIN NU dengan subjek para pengurus, munfiq, dan mustahik di NU CARE-LAZISNU Temanggung Jawa Tengah. Teknik uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik pengumpulan data (observasi, wawancara, dokumentasi) dan triangulasi sumber data (pengurus, munfiq, mustahik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana filantropi Islam gerakan KOIN NU di NU CARE-LAZISNU Temanggung pada masa tanggap darurat bencana covid-19 diutamakan untuk pilar ekonomi dan kesehatan. Secara keseluruhan, tahapan pengelolaan dana filantropi Islam gerakan KOIN NU di NU CARE-LAZISNU Temanggung jika ditinjau dengan fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sudah sesuai dengan UU No. 23 Tahun 2011. Dari segi perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan di semua tahapan pengelolaan sudah berjalan dengan baik, tetapi pada fungsi pengawasan di semua tahapan pengelolaan kurang berjalan dengan baik seperti koordinasi yang tidak maksimal karena terhambat dengan adanya penerapan protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Early Maghfiroh I, S.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Dana Filantropi Islam, Gerakan KOIN NU, NU CARE-LAZISNU Temanggung Jawa Tengah, Masa Tanggap Darurat Bencana Covid-19
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 13:22
Last Modified: 31 Aug 2021 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum