PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2020

Muhammad Nala Salsabil, NIM. 16240099 (2020) PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2020. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2020)
16240099_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN FUNGSI MANAJEMEN PADA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRA ISLAM GIWANGAN YOGYAKARTA TAHUN 2020)
16240099_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya fungsi manajemen yang diterapkan pada pengasuhan anak di panti asuhan. Fungsi manajemen menurut para ahli manajemen adalah planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), actuating (pelaksanaan), dan controlling (pengawasan). Untuk dapat mengetahui seperti apa pengelolannya, maka perlu dilihat dari aspek fungsi manajemennya dalam pengasuhan anak di Panti Asuhan Yatim Putra Islam Giwangan Yogyakarta tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dengan metode analisis yang digunakan adalah analisis John W Creswell yaitu, (1) mengolah dan mempersiapkan data, (2) membaca keseluruhan data, (3) menganalisis lebih detail (coding), (4) proses coding, (5) menunjukan deskripsi, dan (6) memaknai data. Hasil penelitian ini bahwa Fungsi Manajemen Pada Pengasuhan Anak di Panti Asuhan Yatim Putra Islam Giwangan Yogyakarta sudah diterapkan, namun masih perlu ditingkatkan. Pengasuhan anak yang diselenggaran oleh Panti Asuhan Yatim Putra Islam Giwangan Yogyakarta berjalan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Perencanaan yang dilakukan panti adalah menenetukan visi, misi, dan tujuan dari panti asuhan yang diterapkan dalam pengasuhan terhadap anak. Pengorganisasian yang dilakukan panti adalah dengan membuat struktur organisasi yang disesuaikan dengan sumber daya manusianya. Pelaksanaan yang dilakukan panti adalah melakukan pengasuhan terhadap anak yang disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan dari panti sendiri. Pengawasan dan evaluasi dilakukan panti asuhan dalam rangka melihat kelebihan dan kekurangan dari setiap program kerja yang diterapkan dalam pengasuhan. Terkait pengasuhan anak, Panti Asuhan menyelenggarakan berbagai kegiatan seperti bimbingan, pemeliharaan, perawatan, pendidikan serta memberikan dukungan dan bantuan kepada anak asuhnya, sebagai upaya untuk membantu mempersiapkan anak dalam meningkatkan perkembangan dan pertumbuhannya secara optimal sebagai generasi penerus perjuangan sesuai apa yang dicita-citakan oleh bangsa dan negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maryono, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pengasuhan Anak
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 13:29
Last Modified: 31 Aug 2021 13:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43625

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum