PEMBERDAYAAN YANG MENSEJAHTERAKAN: Studi Kasus Pembukaaan Lapangan Pekerjaan Bagi Kelompok PerajinRajutdiKecamatan Sedayu, Bantul

SEPDYON ALHIDAYAT, NIM. 16250002 (2020) PEMBERDAYAAN YANG MENSEJAHTERAKAN: Studi Kasus Pembukaaan Lapangan Pekerjaan Bagi Kelompok PerajinRajutdiKecamatan Sedayu, Bantul. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN YANG MENSEJAHTERAKAN: Studi Kasus Pembukaaan Lapangan Pekerjaan Bagi Kelompok PerajinRajutdiKecamatan Sedayu, Bantul)
16250002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN YANG MENSEJAHTERAKAN: Studi Kasus Pembukaaan Lapangan Pekerjaan Bagi Kelompok PerajinRajutdiKecamatan Sedayu, Bantul)
16250002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Kesejahteraan Sosial adalah kondisi meningkatnya kualitas hidup (Kondisi) seorang individu, kelompok atau masyarakat melalui pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat dan pemaksimalan kesempatan anggota masyarakat untuk berkembang. Oleh karena itu, kemiskinan menjadi salah salah kondisi tidak sejahtera seorang individu, kelompok atau masyarakat. Kemiskinan menjadi masalah yang serius di Indonesia saat ini tidak terkecuali di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Saat ini, DIY menjadi salah satu provinsi dengan angka kemisikinan tertinggi di Indonesia yaitu sebanyak 448,47 ribu orang atau 11,70 persen terhadap total penduduknya. Tingginya angka kemiskinan di DIYmendorong pemerintah melakukan berbagai upaya salah satunya dengan pembukaan lapangan pekerjaan yang merupakan salah bagian dari program Gerakan Ayo Sejahtera (GAS). Oleh karena itu, penelitian ini akan menjelaskan tentang pembukaan lapangan pekerjaan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial. Rumusan masalah yang diteliti adalah bagaimanapembukaan lapangan pekerjaan meningkatkan kesejahteraan sosial pada kelompok perajin rajut di Kecamatan Sedayu, Bantul.Kerangka Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Konsep Kesejahteraan Sosial, Konsep Pemberdayaan dan teori penciptaan lapangan kerja melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL). Pendekatan dalam Penelitian ini deskriptif kualitatif, Yaitu data yang sudah yang sudah diperoleh kemudian disusun dan klasifikasikan sehingga menjawab atas rumusan masalah diatas. Kemudian, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembukaan lapangan pekerjaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan sosial, tidak akan tercapai secara optimal jika tidak menggunakan model permberdayaan terhadap masyarakat.Seperti yang terjadi pada kelompok perajin rajut di Kecamatan Sedayu, Bantul.hal tersebutdapat dilihat pada perubahankualitas hidup masyarakat sebelum dan setelah menjadi perajin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suisyanto, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial, Pemerdayaan Masyarakat dan Pembukaan Lapangan Pekerjaan.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 13:34
Last Modified: 31 Aug 2021 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43627

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum