MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI RUMAH SINGGAH PASIEN INISIATIF ZAKAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA

SETRI ASRININGATI, NIM 16250009 (2020) MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI RUMAH SINGGAH PASIEN INISIATIF ZAKAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI RUMAH SINGGAH PASIEN INISIATIF ZAKAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)
16250009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN PELAYANAN SOSIAL DI RUMAH SINGGAH PASIEN INISIATIF ZAKAT INDONESIA CABANG YOGYAKARTA)
16250009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manajemen pelayanan sosial di RSP IZI cabang Yogyakarta. Manajemen organisasi pelayanan sosial merupakan proses kegiatan yang bertujuan untuk mencapai berbagai tujuan dibidang sosial dengan cara memanfaatkan sumber daya di lingkungan masyarakat. Seperti manajemen pelayanan sosial di RSP IZI cabang Yogyakarta dilakukan agar pasien dan pendamping pasien merasa ikhlas, bersabar dalam menghadapi cobaan dan merasa senang dengan tidak memikirkan penyakit yang dirasakan serta mendapatkan tempat yang layak ketika pasien sedang melakukan rawat jalan di Rumah Sakit di Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Pelayanan Sosial menurut Judith A. Lewiss mengenai fungsi manajemen pelayanan kemanusiaan. Peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling dalam pemilihan subyek yaitu Kepala RSP, Pramu Rumah Tangga dan Driver Ambulance. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RSP IZI cabang Yogyakarta dalam pelaksanaan Manajemen Pelayanan Sosial menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats) dan menjalankan fungsi-fungsi dari Manajemen Pelayanan Sosial, yakni, 1) perencanaan: seluruh pengelola melakukan musyawarah secara internal dan kegiatan dalam berkoordinasi masing-masing pembagian tugas kerja pengelola untuk melakukan perencanaan, 2). pengembangan SDM: dengan cara belajar bersama pasien dan pendamping pasien melalui pelatihan yang dilakukan, 3) pengawasan: kepala RSP memberikan masukan dan dukungan kepada kedua pengelola RSP dan ketiga pengelola saling juga melakukan pengawasan, 4) pengelolaan keuangan: pengendalian anggaran oleh Kepala RSP dan Pramu Rumah Tangga, anggaran dana diperoleh dari Yayasan IZI, donatur tetap dan donatur bebas dan 5) evaluasi: melakukan rapat evaluasi yang berguna untuk mengetahui sejauh mana perkembangan berbagai program pelayanan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Asep Jahidin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pelayanan Sosial, Rumah Singgah Pasien.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 13:42
Last Modified: 31 Aug 2021 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43629

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum