ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA RANTAU PADA TAHUN PERTAMA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA NUR BAITURRAHMAN, CONDONGCATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA)

Rian Andri Atmoko, NIM. 16250027 (2020) ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA RANTAU PADA TAHUN PERTAMA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA NUR BAITURRAHMAN, CONDONGCATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA RANTAU PADA TAHUN PERTAMA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA NUR BAITURRAHMAN, CONDONGCATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA))
16250027_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA RANTAU PADA TAHUN PERTAMA (STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA NUR BAITURRAHMAN, CONDONGCATUR, SLEMAN, YOGYAKARTA))
16250027_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini dilatarbelakangi karena mahasiswa rantau pada tahun pertama seringkali menghadapi masalah di perantauan. Masalah yang mereka hadapi diantaranya tidak paham dengan bahasa lokal daerah tujuan, kesulitan menjalin sebuah hubungan pertemanan baru, serta menutup diri dari lingkungan sekitar dan juga berbagai macam masalah lainnya. Untuk itu dibutuhkan kemampuan lebih dalam hal adaptasi khususnya pada mahasiswa tahun pertama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana adaptasi sosial mahasiswa rantau pada tahun pertama di pondok pesantren Baiturrahman. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi langsung serta dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dengan sumber. Adapun untuk teknik analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan terakhir adalah pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan mahasiswa rantau pada tahun pertama di pesantren Baiturrahman dapat beradaptasi dengan baik serta dapat mengatasi segala hambatan yang dialami selama masa merantau. Diantara masalah yang dihadapi adalah perbedaan bahasa dan gaya komunikasi, perbedaan makanan, keterbatasan ekonomi, dan juga merindukan orang tua dan keluarga di rumah. Adapun cara yang digunakan untuk menanggulangi masalah selama proses merantau sehingga dapat beradaptasi dan menyelesaikan masalah yang ada diantaranya meniru gaya orang jawa dalam berbicara, meniru sikap masyarakat lokal dalam berprilaku, berhati – hati dalam bersikap, mengikuti seluruh aturan dan kegiatan pesantren, mengikuti setiap kegiatan di masyarakat, memilih jenis makanan yang dikonsumsi, menghubungi keluarga di rumah, mengikuti organisasi, memanajemen waktu dan membuat skala prioritas, serta menghemat pengeluaran dan juga bekerja sembari kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Adaptasi, Mahasiswa, Merantau, Pesantren
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 18:46
Last Modified: 31 Aug 2021 18:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43637

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum