KONSELING PROFETIK DALAM MENANGGULANGI HOMESICKNESS PADA SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA

Tiana Nur Safinah, NIM. 17102020002 (2020) KONSELING PROFETIK DALAM MENANGGULANGI HOMESICKNESS PADA SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

[img]
Preview
Text (KONSELING PROFETIK DALAM MENANGGULANGI HOMESICKNESS PADA SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
17102020002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSELING PROFETIK DALAM MENANGGULANGI HOMESICKNESS PADA SANTRI MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL, PRAMBANAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)
17102020002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di era modern ini pendidikan formal tidak hanya terdapat pada sekolah saja. Pondok pesantren atau Boarding School juga merupakan bagian dari pendidikan formal. Dalam sebuah lembaga pendidikan, sudah menjadi sebuah keumuman memiliki program konseling bagi santrinya yang berguna sebagai wadah untuk tempat santri mengutarakan permasalahan yang ada dalam dirinya. Profetik konseling sebagai salah satu layanan konseling yang merupakan best practice dari konsep Gestalt yang menggunakan konsep Islami dalam prakteknya. Setiap santri mempunyai masalah yang berbeda-beda., salah satu masalah yang ada dalam diri santri adalah adanya homesickness. Homesickness merupakan perasaan rindu dengan kenyamanan dan suasana yang ada di rumah. Biasanya terjadi di kalangan santri baru karena diperlukan penyesuaian untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Bukan berarti di kalangan santri lama tidak ada, homesickness bisa juga terjadi di kalangan santri lama yang bisa disebabkan karena rasa bosan dengan suasana lingkungan yang begitu saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menanggulangi homesickness dengan profetik konseling yang diberikan kepada santrinya sebagai bentuk pengembangan dari konseling individu pada biasanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara dengan beberapa santri yang mengalami homesickness dan kepada kepala BK beserta staffnya. Hasil wawancara ini kemudian di analisis yang akan memunculkan langkah-langkah dalam profetik konseling. Dengan adanya penelitian ini, orang akan mengetahui langkah apa saja yang dilakukan dalam profetik konseling yang kemudian akan diaplikasikan dalam kegiatan konseling berikutnya walaupun dengan jenis permasalahan yang berbeda. Penelitian ini akan mendatangkan manfaat bagi peneliti khususnya dan umumnya bagi orang lain. Hasil dari penelitian terdapat lima langkah konseling profetik dalam menanggulangi homesickness pada santri Muhammadiyah Boarding School yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi, dan follow up.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet, S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: Konseling Profetik, Homesickness, Santri.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2021 19:47
Last Modified: 31 Aug 2021 19:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/43645

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum