PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN (Sebagai Upaya Penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB))

SEPTI SHINTA SUNARYATI - NIM. 03460499, (2010) PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN (Sebagai Upaya Penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB)). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN (Sebagai Upaya Penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB)))
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN SAINS MELALUI OUTBOUND DI SDN TIMBULHARJO DEPOK SLEMAN (Sebagai Upaya Penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB)))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (210kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya peningkatan pemahaman konsep sains dalam materi Gaya dan Pesawat Sederhana yang terjadi di kalangan siswa SDN Timbulharjo Depok Sleman melalui outbound, dengan menanamkan Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB) di SDN Timbulharjo Depok Sleman melalui kegiatan outbound Pesawat Sederhana melalui outbound, sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara menyeluruh, khususnya pendidikan sains. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini berupa deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa data hasil observasi tentang aktivitas siswa, lembar observasi kinerja siswa dalam kegiatan outbound, serta jawaban hasil pretest-postest siswa. Untuk mengetahui keberhasilan proses dan produk dalam penelitian ini. Pengukuran ranah kognitif dengan menskor soal-soal pretest-postest. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD Negeri Timbulharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Propinsi D.I. Yogyakarta yang berjumlah 35 siswa pada tahun ajaran 2007/2008. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa hal, yaitu: 1) Outbound sebagai media pembelajaran sains dapat meningkatkan pemahaman konsep sains dalam materi Gaya dan Pesawat Sederhana ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor post test pada setiap siklusnya. 2) Outbound dapat digunakan sebagai upaya penanaman Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir (KBSB) ditunjukkan dengan adanya peningkatan kinerja siswa yang bertahap dari siklus I-III. 3) Outbound dapat meningkatkan aktivitas siswa kelas V SDN Timbulharjo Depok Sleman dalam pembelajaran Gaya dan Pesawat Sederhana, ditunjukkan dengan keaktifan siswa yang meningkat pada kegiatan diskusi. Hal ini tampak adanya peningkatan kreatifitas siswa pada proses pembelajaran disetiap siklusnya. Pada siklus I rerata benar siswa dalam mengerjakan tes 45,24 %, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 68,53 %, dan peningkatan pada siklus III 93,75 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Murtono, M. Si.
Uncontrolled Keywords: outbound, Keterampilan Berpikir dan Strategi Berpikir.
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 15 Aug 2012 16:44
Last Modified: 01 Feb 2016 13:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum